Humaniora

Ditjen GTK Kemdikbud Apresiasi Program PKP Zonasi di Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Perwakilan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), meninjau pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, di Kota Bandar Lampung, Sabtu (9/11/2019).

Perwakilan terdiri atas Susi Finarti Maria dan Neng Mustika Sari, pada hari itu mengunjungi empat Pusat Belajar (PB), meliputi SMPN 1, SMPN 2, SMPN 12, dan SMPN 32. Di PB, perwakilan didampingi oleh Kepala Seksi GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, Supriatin.

Kepala SMPN 32 Bandar Lampung, Dr. Wahono, sambut kedatangan perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud.

Selama berada di masing-masing PB, perwakilan mendatangi satu persatu ruang kelas tempat dilaksanakannya Program PKP Berbasis Zonasi. Termasuk melihat secara langsung laboratorium komputer yang akan dijadikan tempat pelaksanaan tes uji kompetensi (TUK) bagi peserta program tersebut.

Dengan didampingi kepala sekolah di masing-masing PB, perwakilan juga berdiskusi dengan panitia pelaksana, guna memperoleh informasi selama berjalannya kegiatan. Usai meninjau, perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud mengapresiasi proses pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi yang dimotori Disdikbud Kota itu.

“Kami mengapresiasi kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi di kota ini. Kendati hari ini adalah hari libur nasional, namun peserta masih sangat antusias mengikuti kegiatan. Ini merupakan hal yang luar biasa,” ujar salah satu perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud Susi Finarti Maria, dalam kunjungannya.

Peserta Program PKP Berbasis Zonasi, saat mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan nara sumber.

Pantauan smartnews.id di PB, perwakilan ikut mengambil gambar dan video melalui telepon cerdas, sebagai dokumentasi. Kendati didatangi perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud, namun peserta kegiatan tetap mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan oleh nara sumber.

Sementara Kasi GTK Disdikbud Supriatin menerangkan, Program PKP Berbasis Zonasi pada Sabtu pekan ini memasuki pertemuan ke-3. Pada pertemua ini, peserta diberi materi tentang pengembangan dan ulasan desain pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) unit ke-1.

Selain itu, ulasan tentang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) unit ke-2 dan ulasan desain pembelajaran unit ke-2. “Sabtu pekan ini merupakan pertemuan ke-3 dari rencana lima pertemuan. Hinga pertemuan kali ini, semua proses kegiatan berjalan sesuai rencana,” kata dia.

Seperti diketahui Program PKP Berbasis Zonasi merupakan Program Ditjen GTK Kemdikbud. Program itu diikuti guru TK, SD, dan SMP di Bandar Lampung. Bagi guru SMP kegiatan dilakukan pada Sabtu, sedangkan TK dan SD pada Minggu. Pertemuan program ini dilakukan sebanyak lima kali. (YUS)

Perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud, berfoto bersama panitia pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi, di SMPN 1 Bandar Lampung.
Perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud, berfoto bersama panitia pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi, di SMPN 2 Bandar Lampung.
Perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud, berfoto bersama panitia pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi, di SMPN 12 Bandar Lampung.
Perwakilan Ditjen GTK Kemdikbud, berfoto bersama panitia pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi, di SMPN 32 Bandar Lampung.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close