Humaniora

Donor Darah di SMAN 5 Bandar Lampung Ajarkan Anak Empati Terhadap Sesama

Kepala SMAN 5 Bandar Lampung, Dra. Hj. Hayati Nufus, M.Pd, didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Lampung, Dra. Heni Astuti, M.I.P, menyaksikan sejumlah siswa saat mendonorkan darahnya, di aula SMAN 5 Bandar Lampung, Rabu (9/11/2022). DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – SMAN 5 Bandar Lampung bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lampung, melaksanakan kegiatan donor darah, di aula sekolah setempat, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan donor yang diikuti secara sukarela oleh sekitar 120 siswa dari jenjang kelas 11 dan 12, ini merupakan bagian dari mengajarkan anak untuk berempati terhadap sesama.

“Saya yakin pembelajaran berbuat baik seperti donor darah ini dapat membantu antar sesama,” ujar Kepala SMAN 5 Bandar Lampung, Dra. Hj. Hayati Nufus, M.Pd, di sela-sela kegiatan donor darah.

Menurut dia, kegiatan donor yang menjadi program Palang Merah Remaja (PMR) dan rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali, juga merupakan bagian dari pembelajaran pendidikan karakter bagi siswa.

“Dengan menyumbangkan darahnya tentunya dapat membahagiakan orang lain. Manfaat lain adalah menjadikan dirinya semakin lebih sehat,” ujar dia.

Sementara Ketua PMR SMAN 5 Bandar Lampung, Najwa Adelia, menjelaskan darah yang diperoleh melalui kegiatan donor darah ini akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI.

“Seperti akan disumbangkan kepada korban kecelakaan atau kepada orang yang benar-benar membutuhkan darah,” ujar siswa kelas 11 MIPA 4 itu.

Donor darah diikuti siswa berusia 17 tahun ke atas, katanya, mendapatkan sambutan positif para siswa. “Target kami hanya 70 pendonor. Namun alhamdulillah kali ini mencapai 120 peserta,” ujar dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M, diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Dra. Heni Astuti, M.I.P, mengapresiasi kegiatan donor darah di SMAN 5 Bandar Lampung.

Hal itu terlihat dari kesadaran yang tinggi para siswa untuk mendonorkan darahnya. “Kegiatan donor darah sudah yang ke-4 kali di sekolah ini. Para siswa sangat antusias mengikutinya,” kata dia.

Ia berharap, kegiatan donor darah ini menjadi program rutin dilakukan SMAN 5 Bandar Lampung. “Berbagi itu tidak harus berbentuk barang. Mendonorkan darah juga bentuk berbagi terhadap sesama,” tutupnya. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close