Humaniora

Kabid PSMA Disdikbud Lampung Panen Hasil Tani Mas di SMAN 9 Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Diona Katharina, panen perdana program Pertanian Masuk Sekolah (Tani Mas), di SMAN 9 Bandar Lampung, Jumat (10/1/2020).

Saat panen perdana, Diona Katharina yang pada kesempatan itu mewakili Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar, didampingi oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan Bagian Ketersediaan Dinas Pertanian Provinsi Lampung Halimah, perwakilan BPTP Lampung, serta Kepala SMAN 9 Suharto.

Adapun jenis tanaman yang dipanen adalah sayuran daun dan sayuran buah, diantaranya bayam hijau dan merah, sawi caism, kangkung, jagung, kembang kol, terung, tomat, cabe, rampai, loncang, pockcai, kubis, buncis, kentang, dan jenis tanaman holtikultura lainnya.

Diona Katharina mengatakan, program Tani Mas di SMAN 9 merupakan program pemerintah, guna meningkatkan akses dan ketersediaan pangan di Tanah Air, sekaligus menumbuhkan semangat siswa untuk menjadi agripreneur di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.

Program ini menurutnya, akan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh sekolah. “Kami yakin SMAN 9 akan terus menggalakkan program Tani Mas. Karena program ini sangat baik dalam mengembangkan tanaman holtikultura,” ujarnya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Halimah menerangkan, program Tani Mas selain menggerakkan hasil pertanian, juga menyiapkan generasi milenial dalam menumbuhkan jiwa wirausaha muda yang handal dan mandiri, guna memenuhi kebutuhan pangan sayuran.

“Melaksanakan program ini, tentu membutuhkan pengorbanan dari semua pihak di SMAN 9. Pekerjaaan di bidang pertanian pasti cukup melelahkan terutama pada fisik kita, karena harus berjibaku langsung dengan objeknya,” ujar dia.

Sementara Kepala SMAN 9 Suharto mengatakan, keberhasilan program Tani Mas di tempatnya, merupakan kerjasama semua pihak yang telah bersatu padu dan bersinergi tanpa mengenal lelah, guna menyukseskan program tersebut.

“Atas nama sekolah kami sangat berterimakasih atas kepercayaan dan bimbingan dari dinas terkait, serta warga sekolah yang telah menyukseskan program Tani Mas. Semoga program ini ke depan terus dilaksanakan,” ujar dia yang juga Ketua PGRI Lampung itu. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close