Humaniora

Sekretaris Disdikbud Kota Buka IHT Pembelajaran Abad 21 di SMPN 34 Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, membuka in house training (IHT), di UPT SMPN 34 Bandar Lampung, Jumat (10/1/2020).

IHT yang diikuti puluhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sekolah setempat, itu terkait mewujudkan pembelajaran abad 21 pada era revolusi industri 4.0, melalui penguatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran.

Sekretaris mengatakan, IHT ini sebagai pembelajaran bagi PTK guna memberikan kecakapan kepada peserta didik melalui 4C, yakni communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creative and innovative.

Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M, dan Kepala SMPN 34 Sriyati Djamsari, S.Pd., M.M, berfoto bersama peserta IHT.

Hal itu dilakukan sebagai implementasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, guna menjawab tantangan baik secara internal untuk mencapai delapan standar nasional pendidikan, serta tantangan eksternal yakni globalisasi.

“Kebijakan pendidikan setiap tahun terus berkembang. Terlebih di masa kepemimpinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mas Nadiem Anwar Makarim yang memunyai program Merdeka Belajar di sekolah,” ujarnya.

Pada konteks tersebut, ia yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, meminta PTK sekolah dapat meningkatan keterampilan secara baik dalam proses pembelajaran.

“Kami meminta sekolah dapat membuat suatu konsep atau terobosan pendidikan semenarik mungkin dalam menyajikan pembelajaran, guna memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan kepada siswa,” katanya.

Pengawas sekolah dari Disdikbud Kota Wing Wisanggeni, S.Pd., M.Ti, saat membimbing salah satu peserta IHT pembelajaran abad 21, di SMP 34 Bandar Lampung.

Sementara itu, Kepala SMPN 34 Bandar Lampung Sriyati Djamsari, S.Pd., M.M, menyambut baik terselenggaranya IHT terkait pembelajaran abad 21 di sekolahnya. IHT ini menurutnya, dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan guru.

“Tentu, ilmu yang diberikan nara sumber sangat berguna bagi peserta IHT. Terlebih, saat nembuka IHT Sekretaris sudah memaparkan banyak hal tentang perkembangan pendidikan di Indonesia. Ini yang perlu kami tindaklanjuti,” katanya.

Diketahui, IHT tersebut akan dilaksanakan selama dua hari hingga Sabtu, 11 Januari 2020. Hadir memberikan materi pada IHT, yakni pengawas sekolah dari Disdikbud Kota Bandar Lampung Wing Wisanggeni, S.Pd., M.Ti. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close