Bandar Lampung

Kadisdik Buka Diklat Kehumasan Guru Se-Lampung

BANDAR LAMPUNG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M, membuka pendidikan dan pelatihan kehumasan bagi tenaga kependidikan SMA/SMK se-Lampung, di auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Senin (21/1/2019).

Kegiatan diklat yang menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, itu turut dihadiri jajaran pengurus PWI Lampung, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Lampung Drs. Suharto, M.Pd, dan Sekretaris MKKS SMK Lampung Drs. Moh Edy Harjito.

Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M kepada smartnews.id, Senin (21/1/2019) mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat semua pihak mampu menghadirkan informasi. Satuan pendidikan sebagai layanan pendidikan bagi masyarkat, tentu harus mampu memberikan informasi perkembangan pendidikan secara utuh.

Untuk memberikan informasi kepada masyarakat, menurut dia peran kehumasan pada satuan pendidikan sangat dibutuhkan dalam menerjemahkan dan merangkum setiap agenda serta kebijakan yang dilaksanakan sekolah kepada masyarakat.

“Sekolah merupakan fasilitas masyarakat dalam memperoleh pendidikan. Sudah tentu, pihak sekolah harus mampu memberikan informasi secara terbuka khususnya mengenai perkembangan pendidikan. Untuk menyajikan hal tersebut, peran kehumasan harus dijalankan dengan baik,” ujar dia.

Tidak hanya merancang informasi, peran humas satuan pendidikan menurutnya  juga harus mampu membangun sinergisitas dengan media massa yang ada di Lampung. Media massa merupakan mitra kerja strategis dalam menyampaikan informasi kekhalayak ramai.

“Sekolah dalam kegiatan sehari-harinya banyak berhubungan dengan berbagai pihak. Salah satu pihak yang mempunyai simbiosis mutualisme adalah media. Untuk itu, humas dapat menjalin komunikasi yang baik dengan media dalam hal menyampaikan informasi secara meluas,” kata dia.

Kemudian Sekretaris MKKS SMK Lampung Drs. Moh Edy Harjito menerangkan, era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan bagi semua pihak tidak terkecuali bagi satuan pendidikan. Di era tersebut menurut dia, informasi akan semakin cepat, sehingga satuan pendidikan penting memiliki ilmu komunikasi dan jurnalistik yang baik.

“Dengan diadakannya diklat kehumasan dibimbing PWI Lampung pada hari ini, tentu menjadi sarana pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sekolah. Bila ilmu kehumasan telah dikuasai, maka tantangan zaman dapat diadaptasikan,” ujar dia yang juga didamping Ketua MKKS SMA Lampung Drs. Suharto, M.Pd itu. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close