Bandar Lampung

Kelahiran Pancasila Sumber Inspirasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, berkumpul mengikuti upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila bersama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, M.Si, di halaman Korpri kantor pemerintah provinsi setempat, Sabtu (1/6/2019).

Pancasila yang mampu menyatukan semua warga negara sebagai satu bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjadi inspirasi tersendiri bagi Kepala Disdikbud Lampung, Drs. Sulpakar, M.M.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta pandangan hidup bagi bangsa, menurut mantan Wali Kota Bandar Lampung itu, merupakan suatu anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Sebagai anak bangsa, Pancasila harus ditanamkan dalam hati setiap warga negara, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Pancasila adalah bintang penuntun keberagam dalam wadah Bhinneka Tunggal Ika,” katanya kepada smartnews.id, Sabtu.

Melalui momentum bersejarah ini, dia meminta aparatur di bawah jajarannya dan elemen bangsa, berusaha mengenang dan merefleksikan sejarah, guna menghormati jasa pendiri bangsa, serta meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.

Selain itu, Pancasila menurutnya mampu membangun kebersamaan dan harapan dalam menyambut kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. “Pancasila adalah energi positif untuk masa depan bangsa,” ujar dia yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA Diona Katharina, S.Sos., M.Pd.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, dia meminta seluruh anak bangsa dapat menyadari dan memahami, serta saling menghormati, bekerjasama, gotong royong, demi masa depan bangsa maju, adil, dan makmur.

“Jadikanlah Pancasila sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah dasar dan ideologi negara, serta pandangan dunia yang mampu membawa kebahagiaan seluruh anak bangsa,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close