Humaniora

Panitia PPDB SMA Negeri di Lampung Layani Pendaftar Setulus Hati

PPDB Hari Kedua Masih Ramai Pendaftar

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri di Provinsi Lampung, tahun pelajaran 2019/2020, memasuki hari kedua, Selasa (18/6/2019).

Hari kedua ini, jumlah pendaftar masih cukup ramai, seperti hari pertama. Melihat antusias pendaftar, panitia PPDB dengan cepat melayani pendaftar. Pelayanan prima ditunjukkan panitia, merupakan bukti sekolah melayani pendaftar setulus hati.

Seperti terlihat di SMAN 14 Bandar Lampung, Selasa. Seluruh panitia PPDB mulai dari loket pendaftaran, pengambilan formulir, hingga pengisian data melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online, berjalan lancar.

Hal tersebut merupakan bentuk komitmen penyelenggara pendidikan terhadap masyarakat. Suksesnya PPDB adalah harapan semua pihak. Pemerintah menginginkan masyarakat usia sekolah menyelesaikan pendidikan dengan baik.

“Luar biasa animo masyarakat PPDB pada tahun ini. Ini bukti kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Kami sangat bangga atas semua ini,” ujar Kepala SMAN 14 Bandar Lampung Tri Winarsih, S.Pd., M.Pd, kepada smartnews.id.

Menurut Tri Winarsih, PPDB yang pada tahun ini akan menerima 432 siswa, sangat berbeda. Bila tahun sebelumnya SMAN 14 menjadi pilihan kedua bagi calon peserta didik saat mendaftar, namun tahun ini justru menjadi pilihan pertama.

Tri Winarsih, S.Pd., M.Pd (jilbab merah), turut melayani proses pendaftaran PPDB. DOC

Bahkan, formulir pendaftaran hari pertama disediakan berjumlah 100, habis diambil calon peserta didik, sehingga pihak sekolah kembali memperbanyak formulir menjadi 200. “Tahun ini sekolah kami sangat istimewa,” ujarnya.

Pendaftaran yang dibuka sejak pukul 08.00 – 16.00, menurutnya hari kemarin diperpanjang hingga pukul 18.00, karena sekolah berkomitmen melayani masyarakat. “Kami ingin semua pendaftar dapat terlayani dengan baik,” terangnya.

Hal serupa juga ditunjukkan SMAN 6 Kota Metro. Kepala sekolah setempat Sunarti, M.Pd mengatakan, PPDB di tempatnya yang akan menerima 272 siswa, itu disambut baik masyarakat sekitar dan berjalan lancar.

“Alhamdulillah PPDB yang digelar sejak kemarin, berjalan sesuai harapan. Para guru di sini yang ditugaskan sebagai panitia PPDB, memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Ini juga atas kerjasama yang baik semua pihak,” ujarnya.

Proses PPDB di SMAN 6 Kota Metro. DOC

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M mengapresiasi upaya dan kerja nyata yang ditunjukkan SMA/SMK pada proses PPDB yang berlangsung sejak Senin kemarin.

PPDB yang tahun ini mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018, menurutnya sudah sangat tepat diterapkan setiap sekolah, karena mampu memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat.

“Kami kira PPDB di SMA/SMK di Lampung sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, terlebih Kemendikbud telah mengeluarkan peraturannya. Ini patut kita apresiasi bersama. Semoga masyarakat memahaminya,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, PPDB SMA mengacu Permendikbud 51/2018, menerima calon peserta didik melalui tiga jalur, yakni zonasi paling sedikit 90%, jalur prestasi 5%, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5%. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close