Bandar Lampung

Pemkot & Indofarma Kerja Sama Pengadaan Mobil PCR

FOTO ILUSTRASI

SMARTNEWS.ID — Pemerintah Kota Bandar Lampung menjalin kerja sama dengan PT Indofarma Tbk dalam pengadaan mobil PCR (polymerase chain reaction) untuk mempercepat proses hasil pemeriksaan sampel tes usap (swab test).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, mengatakan mobil PCR ini dijadwalkan tiba di Kota Tapis Berseri paling lambat tiga pekan ke depan.

“Kita berkerja sama dengan Indofarma untuk pengadaan mobil PCR ini, termasuk reagennya pun Pemkot akan kerja sama dengan mereka,” kata Edwin, Senin (22/2/2021).

Mobil PCR, menurut dia, merupakan kerja sama operasional (KSO) dan akan disiagakan di rumah sakit milik Pemkot, RSUD A Dadi Tjokrodipo dengan kapasitas pemeriksaan sampel mencapai 150 spesimen sehari dengan hasil tes sekitar 2 jam – 2,5 jam.

“Kita berharap dengan hasil swab test yang cepat masyarakat tidak lama menunggu karena kalau harus menunggu selama seminggu kadang mereka tidak merasakan mereka positif sehingga mereka masih berpergian dan itu dapat menularkan orang lain,” terang Edwin.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mendukung KSO pihak perusahaan dengan Dinas Kesehatan Bandar Lampung dalam pengadaan Mobil PCR.

Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed mengatakan pengadaan Mobil PCR akan membantu pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Sesuai instruksi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, pemerintah memiliki tugas melakukan 3T yaitu Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan).

“Silahkan saja, kita senang kalau semakin banyak pemeriksaan. Kalau di kantor kami kewalahan juga teman-teman itu, sehari bisa 300 – 400 (sampel) dan itu perlu waktu (pemeriksaan) juga,” kata Aditya. (JOS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close