Nasional & Internasional

Pendidikan Vokasi Bangun SDM Unggul

Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim. DOK

SMARTNEWS.ID — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim menuturkan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul merupakan kunci pembangunan Indonesia dan menjadi prioritas bangsa.

Demi membangun SDM unggul, kata dia, pendidikan vokasi menjadi aspek penting dalam pembangunan hal tersebut. Keseriusan pemerintah itulah yang tengah dibentuk Direktorat Jenderal Khusus, Kemdikbud.

“Kami berkomitmen mendorong kemajuan institusi pendidikan vokasi melalui strategi link and match,” ujar Mendikbud pada Seminar Nasional dan Kongres Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) 2020, di Institut Teknologi Sepuluh November, yang dikutip dari SINDONEWS.com, Minggu (22/11/2020).

Menurut Nadiem, strategi merubah hal itu bukan diukur dari aspek fisik yang nampak, tetapi juga harus dimulai dari perubahan pola pikir dan kepemimpinan para kepala SMK, gurud, dekan, atau direktur perguruan tinggi vokasi.

Pihaknya, lanjut dia akan terus berusaha menghadirkan berbagai terobosan baru. Tidak hanya menambah daya tarik pendidikan vokasi, tetapi juga memberi kesempatan bagi peserta didik untuk memilih yang terbaik.

“Pekan lalu, Kemdikbud telah meluncurkan dua program terobosan, yaitu program SMK Diploma 2 (D2) jalur cepat dan program peningkatan prodi D3 menjadi sarjana terapan atau D4,” terang dia.

Nadiem menegaskan, tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan vokasi berada di pundak semua masyarakat. “Menghadirkan pendidikan vokasi yang relevan dan vokasi bisa semakin berperan strategis dalam memajukan Indonesia,” tandasnya. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close