Humaniora

Penerima BOSDA 2020 Bertambah 9 Kabupaten/Kota

SMARTNEWS.ID — Pemerintah Provinsi Lampung memutuskan menambah 9 kabupaten/kota sebagai penerima Bantuan Operasional Siswa Daerah (BOSDA) pada 2020.

Adapun wilayahnya, meliputi Kabupaten Lampung Tengah, Pringsewu, Tulangbawang Barat, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Kota Metro.

Kebijakan itu diambil pemerintah sebagai langkah membantu masyarakat tidak mampu di Lampung, serta mempertimbangkan dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

“Sasaran BOSDA kini bukan untuk sekolah gratis pada 6 daerah saja, melainkan akan diberikan ke siswa tidak mampu pada 15 kabupaten/kota di Lampung,” ujar Kepala Disdikbud Lampung, Sulpakar, Rabu (22/4/2020).

Sementara itu, menurut dia kuota penerima BOSDA juga telah ditentukan. Pada SMK sebesar 10 persen, sedangkan SMA sebesar 15 persen dari seluruh siswa di Lampung.

“Pemerintah provinsi telah menganggarkan sekitar Rp52 miliar per tahun untuk mengakomodir seluruh penerima BOSDA pada seluruh kabupaten/kota,” kata dia.

Dia mengatakan, BOSDA dapat digunakan untuk operasional sekolah, serta mengatasi persoalan dampak dari covid-19. “BOSDA boleh untuk membiayai pembelajaran online,” kata dia.

Diketahui, sebelum kebijakan itu diambil, sekolah penerima BOSDA hanya pada 6 daerah, meliputi Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Mesuji. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close