Humaniora

Penilaian Akhir Semester di SMAN 10 Bandar Lampung Berbasis CBT

Siswa Ketahui Langsung Nilainya

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Sebanyak 921 siswa SMA Negeri 10 Bandar Lampung, mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) I Tahun Pelajaran 2019/2020, hingga 14 Desember mendatang.

Namun, PAS pada semester ini berbeda dari sebelumnya. Perbedaannya, siswa mengikuti PAS berbasis Computer Based Test (CBT). Sistem ini dinilai sekolah memudahkan siswa mengerjakan soal.

Kepala sekolah setempat, Neng Rosiyati, S.Pd., M.M, Senin (9/12/2019) menerangkan, PAS berbasis CBT baru mulai diterapkan pada semester ini. Sistem ini dirancang sebagai sarana siswa mengikuti ujian.

Kepala SMAN 10 Bandar Lampung, Neng Rosiyati, S.Pd., M.M.

Tetapi menurutnya, tidak semua mata pelajaran diujikan melalui CBT. Melainkan, hanya untuk mata pelajaran tambahan yang diikutsertakan dalam kurikulum pembelajaran atau muatan lokal.

Seperti pelajaran Bahasa Lampung, Kewirausahaan, Bahasa Arab, Seni Budaya, Bahasa Jerman,Teknologi Informasi Lintas, Bahasa Inggris Lintas Minat, dan Ekonomi/ Geografi Lintas Minat.

“Sedangkan untuk pelajaran lainnya, PAS masih berbasis kertas pensil yang soalnya didatangkan oleh MKKS SMA,” ujar dia yang didampingi Wakilnya Lia Kristiana, S.Pd., M.Pd itu.

Menurut dia, banyak keunggulan pada PAS berbasis CBT, seperti siswa lebih cepat mengerjakan, guru tidak perlu lagi mengoreksi soal, dan hasilnya dapat diketahui siswa secara langsung.

“Usai ujian, siswa bisa langsung tahu berapa nilainya. Benarnya berapa dan salahnya berapa, akan dapat dilihat di layar monitor komputer. Karena, sistem ini sudah secara otomatis menilai,” ujar dia.

Keuntungan lain didapat, menurut dia, mampu melatih kejujuran, serta membiasakan siswa mengerjakan soal ujian menggunakan komputer. “Model ujian ini anggap saja sebagai latihan UNBK,” katanya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close