Humaniora

SMPN 35 Bandar Lampung & Kemenpora, Tandatangani MoU Pramuka

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kunjungi SMP Negeri 35 Bandar Lampung, di Jalan Drs. Warsito, Kelurahan Kupang Kota, Kecamatan Telukbetung Utara, Sabtu (7/12/2019).

Kedatangan Kemenpora yang disambut suka cita pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik, itu untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait kepramukaan di sekolah setempat.

Hadir mewakili Kemenpora Kepala Bidang Pembinaan Gerakan Pramuka pada Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, Deputi Pengembangan Pemuda, Budiyanto, S.Pd., M.Si, beserta tim.

Dihadapan sivitas akademika SMPN 35, perwakilan Kemenpora Budiyanto mengatakan, gerakan pamuka merupakan bagian dari pendidikan nasional untuk membina kaum muda dalam mencapai potensi spiritual, sosial, intelektual, dan fisiknya.

Perwakilan Kemenpora Budiyanto, S.Pd., M.Si (dua kiri) saat memberi sambutan pada MoU pramuka, di SMPN 35 Bandar Lampung.

Melalui MoU pramuka ini, menurut dia generasi muda di SMPN 35 diharapkan memiliki keterampilan, serta semangat kebangsaan dan cinta tanah air, sehingga ke depan siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat.

“Gerakan pramuka yang diikuti masyarakat khususnya pelajar, mampu membentuk mental yang tangguh, serta menjadi pemimpin bangsa handal pada masa mendatang. Ini salah satu tujuan dari kegiatan hari ini,” ujarnya.

Kemudian Kepala SMPN 35 Nurbaiti dihadapan perwakilan Kemenpora mengucapkan terima kasih atas terlaksananya MoU dibidang kepemudaan kepramukaan. Menurutnya, MoU ini mampu memajukan kepramukaan di sekolahnya.

“Atas nama sekolah, kami mengucapkan ribuan terima kasih, khususnya kepada Menpora RI Bapak Zainudin Amali yang telah menyetujui dan mendukung program kepramukaan di sekolah ini. Semoga ini terus berlanjut,” ujar dia.

Kepala SMPN 35 Bandar Lampung Nurbaiti, M.Pd (berdiri), saat menyambut kedatangan perwakilan Kemenpora untuk melakukan MoU Pramuka.

Dia mengatakan, salah satu poin MoU yang akan dilaksanakan, yakni terkait kegiatan perkemahan, outbound, dan hiking oleh Ambalan Darma Acitya Gugus Depan 08.05.04.063 – 08.05.04.064, akan diikuti sejumlah siswa.

Kegiatan itu menurutnya, rencananya dilakukan di Camp 91, di Jalan Kedaung, Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, pada 20 – 21 Desember 2019. “Kegiatan akan digelar di Camp 91, sudah menjadi program pramuka sekolah,” katanya.

Adapun tujuan kegiatan menurutnya, melatih kemandirian dan kemampuan percaya diri, serta melatih kebiasaan diri untuk memiliki jiwa cinta dan peduli terhadap lingkungan. “Serta menjalin sinergitas sesama pramuka,” ujar dia. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close