Humaniora

SDN 1 Keteguhan Bandar Lampung Peringati Maulid Nabi Penuh Keceriaan

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Ratusan siswa SD Negeri 1 Keteguhan, Telukbetung Timur, Bandar Lampung, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 Hijriah, Selasa (19/11/2019).

Maulid Nabi yang diawali pawai dengan membawa kreasi kembang telur dan menyusuri jalan di sekitaran sekolah, itu berlangsung meriah dan penuh suka cita. Tidak lupa, selama berjalan siswa bersalawat kepada Nabi.

Usai pawai kembang telur, siswa serta guru bergerak ke lantai 2 sekolah setempat, guna mengikuti Maulid Nabi. Kegiatan itu diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibawakan salah satu siswa di sana.

Saat ayat-ayat suci Alquran dikumandangkan, semua siswa dan guru khusyuk mendengarkan. Suasana menjadi hening. Tiada satu patah kata terdengar, kecuali suara merdu lantunan ayat suci Alquran.

Keluarga besar SDN 1 Keteguhan Bandar Lampung, saat mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Suara siswa kembali terdengar, disaat pembawa acara memanggil sejumlah siswa untuk mengikuti lomba baca puisi keagamaan. Saat membawakan, siswa tampak bersemangat, terlebih dihadapan dewan juri.

Setelah itu, kegiatan diisi dengan tausiah yang dibawakan oleh Ustaz Naufal Azhari, S.Pd. Para siswa dan guru tampak seksama mendengarkan tausiah tentang riwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW di masa itu.

Kepala SD Negeri 1 Keteguhan Zauhara, S.Pd., M.M mengatakan, memperingati Maulid Nabi, guna mengingat kembali perjuangan Rasul, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (imtaq) kepada Allah SWT.

Korwil I Disdikbud, Kepala SDN 1 Keteguhan, Ustaz, dan dewan guru, berfoto bersama usai peingatan Maulid Nabi.

Nabi Muhammad SAW, merupakan Nabi sekaligus Rasul terakhir diturunkan Allah SWT dalam menyebarluaskan agama Islam dipenjuru dunia. Serta menegakkan ajaran Tauhid sebagaimana dibawa Nabi dan Rasul sebelumnya.

“Umat muslim di dunia memperoleh pengetahuan tentang Islam dari Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, kita sebagai umat manusia yang beriman, penting meneladani beliau,” ujar dia di sela-sela kegiatan.

Bagi siswa, Maulid Nabi menurutnya merupakan momentum tepat dalam mengisi kehidupan dengan cara yang baik dan benar. Seperti, mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh.

“Peringatan Maulid Nabi diharapkan menjadi motivasi bagi siswa untuk mencapai kecerdasan demi meraih prestasi. Karena bangsa ini akan diisi dengan beragam hal yang tentunya dilandasi dengan keilmuan,” kata dia.

Turut hadir para peringatan Maulid Nabi di sana, Koordinator Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Drs. Husni Thamrin, M.Pd, Kepala SD se-Kecamatan Telukbetung Timur, dan undangan. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close