Humaniora

Sekretaris Disdikbud Minta Sekolah Beri Kemudalah Selama KBM di Tengah Covid-19

Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si (kiri), saat membuka sosialisasi sertifikasi dan bimtek aplikasi Dapodik, di SDS Ar Raudah, Kamis (6/8/2020). (Foto: Istimewa)

SMARTNEWS.ID — Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si meminta sekolah untuk lebih kreatif selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM), di tengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19).

KBM yang sementara waktu ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online, menurutnya pihak sekolah dapat memberi kemudahan dan kebijaksaan terhadap siswa, selama mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Dituntut kreatif, namun jangan sampai memberatkan siswa. Berikanlah kemudahan selama PJJ,” ujar dia saat membuka sosialisasi sertifikasi dan bimbingan teknis aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kamis (6/8/2020).

Kegiatan sosialisasi dan bimtek yang dilakukan di SDS Ar Raudah Bandar Lampung, itu diikuti operator serta kepala SD negeri dan swasta se-Kecamatan Rajabasa, Kemiling, Langkapura, dan Tanjungkarang Barat.

Selama PJJ, menurut sekretaris yang kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, sekolah dibolehkan membeli paket data atau kuota internet untuk diberikan ke guru dan siswa.

Pembelian hal tersebut dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah. “BOS boleh untuk membeli kuota internet dan diberikan ke siswa yang benar-benar membutuhkan,” ujar dia.

Masih pada kesempatan itu, sekretaris juga meminta para kepala sekolah untuk selalu memantau gurunya selama proses PJJ. Menurutnya, kepala sekolah bertanggungjawab terhadap keadaan sekolah.

“Selain melaksanakan KBM, guru juga dapat memotivasi siswa terkait proses pembelajaran di tengah pandemi seperti saat ini,” ujar dia dihadapan seluruh peserta kegiatan itu.

Sebagaimana diketahui, nara sumber pada kegiatan tersebut dilakukan oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kota Supriatin, M.Pd dan Operator Disdikbud Suwanto.

Turut menghadiri kegiatan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan Rajabasa Drs. Harmiyati, M.Si, Ketua K3S Tanjungkarang Barat Drs. Jamarni, M.Pd, Ketua K3S Kemiling Drs. Eka Putri, dan Ketua K3S Langkapura Dra. Rosmala Dewi, M.Pd.

Kendati sosialisasi dan bimtek dilakukan secara langsung, namun seluruh peserta menerapakan protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, serta memakai masker. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close