Humaniora

SMPN 33 Sambut Suka Cita Guru Usai Ikuti Pelatihan di Tiongkok

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Maya Trisia Wardani, S.Si., M.M, guru Ilmu Pengetahuan Alam SMPN 33 Bandar Lampung, telah kembali ke tanah air usai mengikuti Training Program in China for Excellent Teachers of MOEC Republik of Indonesia.

Pelatihan yang berlangsung di Republik Rakyat Tiongkok selama satu bulan, tepatnya sejak Februari hingga Maret, memperoleh apresiasi banyak pihak, tidak terkecuali dari sivitas akademika di tempat Maya mengabdi.

Pada hari pertama menginjakkan kaki di sekolahnya, Kamis (28/3/2019), ia yang pernah memperoleh predikat sebagai guru SMP terbaik tingkat Provinsi Lampung tahun 2017, itu disambut hangat dan penuh suka cita oleh keluarga besar SMPN 33 Bandar Lampung.

Penyambutan yang diinisiasi Kepala Sekolah Muhammad Yusri, S.Pd., M.Pd, dengan melibatkan sejumlah guru dan siswa setempat, itu membuat Maya merasa bangga sekaligus terharu, atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

Saat sejumlah siswa dengan mengenakan seragam pramuka lengkap dengan atribut kepramukaan menyambut, Maya sontak terharu dan menitikan air mata sambil melangkahkan kakinya memasuki lingkungan sekolah.

Untaian kata dikemas melalui puisi yang dibawakan kepala sekolah dan siswa, mewarnai kedatangan Maya hingga bertemu dengan anggota keluarga besar sekolah. Keheningan pecah menjadi kegembiraan menyelimuti pertemuan tersebut.

Tidak lupa nasi tumpeng yang telah disiapkan dan diletakkan di halaman sekolah, di potong oleh salah satu guru dan diberikan kepada Maya, sebagai tanda ucapan selamat datang ke sekolah untuk kembali mendidik guna mencerdaskan anak bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, kepala sekolah mewakili dewan guru, siswa, dan komite sekolah, memberikan ucapan selamat datang kepada Maya. Menurutnya, kepergian Maya mengikuti pelatihan di Tiongkok, selain memperkaya ilmu pengetahuan, juga telah mengharumkan nama sekolah hingga ke dunia internasional.

“Kami sangat bangga terhadap Ibu Maya. Semoga ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan di Tiongkok bermanfaat bagi ibu sendiri dan tentunya dapat dibagi kepada para guru di sini, guna mencerdaskan anak-anak didik kita,” ujar Yusri yang disambut tepuk tangan oleh guru dan siswa di sana.

Disisi lain, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, berharap banyak kepada Maya untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh, bagi peningkatan mutu pendidikan di Bandar Lampung.

Pendidikan di Bandar Lampung saat ini sudah cukup baik, namun tidak boleh cukup dengan yang dirasakan saat ini. Menurutnya, para guru memiliki kompetensi baik, diharapakan terus memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan agar Kota Bandar Lampung menjadi rujukan pendidikan di Provinsi Lampung.

“Atas nama Disdikbud Bandar Lampung, kami mengucapakan selamat datang kepada Ibu Maya, untuk kembali mengajar di sekolah. Jangan lupa ilmu dan pengamalan yang diperoleh di sana dapat diberikan di sini,” ujar dia kepada smartnews.id, Kamis (28/3/2019). (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close