Pendidikan

SMPN 43 Bandar Lampung Gandeng Tagana Edukasi Siswa Tentang Pengurangan Risiko Bencana

Siswa SMPN 43 Bandar Lampung saat mengikuti simulasi tentang penguranga risiko bencana yang diberikan Tagana Bandar Lampung, di sekolah setempat, Jumat, 17 Februari 2023. DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – SMPN 43 Bandar Lampung menggandeng Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bandar Lampung, memberikan edukasi pengurangan risiko bencana kepada siswa, di sekolah setempat, Jumat, 17 Februari 2023.

Edukasi yang dikemas dalam program Tagana Masuk Sekolah dengan diikuti seluruh siswa kelas 8 dan 9 SMPN 43 Bandar Lampung, ini untuk membangun kesiapsiagaan terhadap bencana sejak dini.

“Tujuan dilaksanakannya tagana masuk sekolah ini yakni memperkenalkan kepada siswa bagaimana untuk menanggulangi bencana,” ujar Kepala SMPN 43 Bandar Lampung, Rohaida, S.Pd, di sela-sela kegiatan.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting diketahui para siswa. Sehingga pada saat terjadi bencana, para siswa bisa melakukan berbagai upaya untuk menghindari dan mengurangi dampak bencana.

“Kebetulan di sekolah kami hanya ada satu pintu dan satu tangga untuk turun dari gedung lantai atas ke bawah. Melalui sosialisasi ini, para siswa bisa mengantisipasi diri bila terjadi hal yang tidak diinginkan di sekolah,” ujar dia.

Melalui edukasi yang dilakukan secara teori dan praktik oleh tim Tagana. Ia berharap para siswa dapat membentengi diri, serta tumbuh rasa kepedulian terhadap sesama bila menemukan peristiwa dimanapun berada.

“Selain mengedukasi para siswa, mengundang Tagana ini juga dalam rangka persiapan akreditasi bagi sekolah,” katanya yang juga Koordinator Musyawarah Guru Bimbingan Konseling SMP/MTS Kota Bandar Lampung itu.

Sementara, Koordinator Bidang Pendidikan Tagana Kota Bandar Lampung, Ari Wijaya, mengatakan program Tagana Masuk Sekolah ini memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa terkait sekolah aman bencana (SAB)

Edukasi ini, lanjutnya, memberikan materi mengenai pengurangan risiko bencana khususnya di lingkungan sekolah. “Mengatasi bencana ada yang namanya amati, cermati, dan eksekusi. Edukasi itu yang kami berikan ke siswa,” kata dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close