Pendidikan

Tasiber SDN 3 Perum Way Kandis Tingkatkan Literasi Guna Tercipta Pelajar Cerdas

Pertama di Kecamatan Tanjung Senang

DOK SDN 3 PERUM WAY KANDIS

SMARTNEWS.ID – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Perum Way Kandis, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, meresmikan Taman Literasi dan Bermain (Tasiber), di sekolah setempat, Rabu, 28 Februari 2024.

Peresmian ditandai pemotongan tali pita oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD Kecamatan Tanjung Senang, itu menjadi tempat meningkatkan keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan berbicara, guna tercipta pelajar cerdas.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan SDN 3 Perum Way Kandis dengan membuat taman literasi dan bermain di luar kelas,” kata Ketua KKKS SD Tanjung Senang, Hamka, S.Pd, M.M, usai peresmian.

Menurut Hamka yang juga Kepala SDN 1 Tanjung Senang itu, Tasiber di lingkungan SDN 3 Perum Way Kandis merupakan yang pertama di satuan pendidikan Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung.

“Kehadiran Tasiber ini hasil kerja sama yang baik dari sekolah dan masyarakat khususnya komite sekolah. Tasiber ini diharapkan mampu meningkatan pengetahuan siswa dalam berliterasi,” ujar Hamka.

Sementara itu, Kepala SDN 3 Perum Way Kandis, Soviyanti, M.Pd, mengatakan selain untuk meningkatkan minat baca dan menulis dan sarana bermain, Tasiber juga mendorong peningkatan rapor mutu pendidikan.

“Alhamdulillah nilai rapor mutu pendidikan kami sudah meningkat dari sebelumnya yang sempat turun pada 2023 lalu. Diharapakan Tasiber ini juga mampu meningkatkan mutu rapor pendidikan sekolah,” harap dia.

Menurut dia, gagasan membangun Tasiber melihat adanya sejumlah siswa yang suka membaca di luar kelas seraya bermain dengan sesama siswa pada jam istirahat atau menunggu untuk masuk di kelas.

“Kebetulan di sekolah ada lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk Tasiber. Berdasarkan hasil musyawarah sekolah dan masyarakat, akhirnya dibuatkan Tasiber di luar kelas untuk warga sekolah,” kata Soviyanti.

Kehadiran Tasiber, menambah tempat bagi siswa untuk meningkatkan literasinya. “Sebenarnya sekolah sudah ada perpustakaan, namun siswa ada yang ingin membaca di luar kelas, solusinya Tasiber ini,” kata dia.

Selain tempat berliterasi, Tasiber juga dapat dimanfaatkan tempat bermain bagi siswa. “Kami juga sudah siapkan sejumlah peralatan bermain tradisional, supaya anak-anak nyaman berada di sekolah,” katanya.

Seperti diketahui, pada waktu yang bersamaan SDN 3 Perum Way Kandis juga menggelar lomba mewarnai yang diikuti siswa, serta lomba memasak dengan peserta wali murid yang disponsori oleh Cedea. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close