Bandar Lampung

Waka SMP Se-Bandar Lampung Ikut Penguatan Implementasi Kurikulum Disdikbud

Suasana kegiatan penguatan implementasi kurikulum yang diikuti wakil kepala SMP negeri se-Bandar Lampung, di SMPN 2 Bandar Lampung, Sabtu (9/10/2021). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, melakukan pelatihan penguatan implementasi kurikulum, di SMPN 2 Bandar Lampung, Sabtu (9/10/2021).

Kegiatan yang diikuti wakil kepala SMP negeri se-Bandar Lampung, ini dibuka oleh Plt. Kepala Disdikbud Hj. Eka Afriana yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos.

Mulyadi mengatakan, penguatan implementasi kurikulum terhadap wakil kepala SMP negeri bidang kurikulum atau akademik, didasari oleh Peraturan Presiden (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pada PP tersebut pada Pasal 6 Ayat 1, disebutkan sekolah jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.

Selain itu, dalam Pasal 37 Ayat 1 juga disebutkan landasan bagi pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan. “Hal itulah yang menjadi dasar dilakukannya kegiatan pada hari ini,” ujar dia.

Dia mengatakan, kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan Kemendikbudristek, seperti penghapusan Ujian Nasional (UN) dan pengaturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga menjadi dasar penguatan kurikulum.

“Termasuk pada penyederhanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajar). Kelengkapan administrasi dan berbasis konten harus diubah menjadi bersifat spesifik atau unik, guna mendapatkan kurikulum berbasis kecakapan generik,” katanya.

Diketahui, sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut, yakni Pengawas Sekolah Nazimah, M.Pd, Kepala SMPN 42 Asep Sudrajad, M.Pd, Kepala SMPN 30 Sri Budi Karyadi, M.Pd, dan dari SMPN 28 Septriani, S.Pd., M.A. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close