Pemkot Balam

Wali Kota Eva Dwiana Ikuti Pembukaan Rakernas XVI Apeksi di Makassar

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), di Upperhills Convention Center, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu, 12 Juli 2023.

Rakernas XVI Apeksi 2023 mengusung tema Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat yang dihadiri 88 wali kota serta pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia yang akan berlangsung pada 10 – 14 Juli 2023.

Pada pembukaan Rakernas XVI Apeksi 2023, dalam hal ini Wali Kota Eva Dwiana bersama Delegasi Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Ketua Umum Apeksi Bima Arya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Makassar selaku tuan rumah Moh. Ramdhan Pomanto

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya peran kota-kota Indonesia dalam memajukan bangsa. Terlebih lagi, dari 96 wali kota anggota Apeksi, 85 wali kota akan mengakhiri jabatannya pada tahun ini dan 2024 mendatang.

“Maka dengan itu Apeksi hari ini merupakan Apeksi yang sangat bersejarah. Terlebih kita berada pada rotasi kepemimpinan nasional. Tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan semangat sinergi,” ujar Wali Kota Makasar.

Wali kota juga menyampaikan bahwa Rakernas Apeksi ini menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Oleh karena itu, momentum Rakernas Apeksi ini juga bakal menghadirkan sosok-sosok calon pemimpin Indonesia untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ke depan dalam mencapai tujuan bersama.

Kemudian Ketua Apeksi Bima Arya apresiasi Kota Makassar atas berbagai upaya yang telah dipersiapkan untuk menyambut kehadiran seluruh Walikota dan 5000 rombongan delegasinya.

Kendati demikian, Bima Arya menjelaskan inti acara Rakernas Apeksi ini sebagai forum bagi seluruh Wali Kota se-Indonesia atau perwakilan Asosiasi Pemerintahan yang hadir untuk membahas berbagai isu nasional sekaligus melahirkan kebijakan strategis. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close