Bandar Lampung

Wali Kota Eva Dwiana Melihat Virus Corona di SDN 1 Palapa Bandar Lampung

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, saat berinteraksi dengan sejumlah siswa kelas 6 SDN 1 Palapa, pada simulasi PTM terbatas di sekolah setempat, Rabu (15/9/2021). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Biasanya orang akan menjauh, bila melihat sesuatu yang bisa mencelakakan dirinya. Apalagi mendapat semacam virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah dunia.

Namun, hal itu tidak dikhawatirkan Kepala Daerah Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, yang justru mendekat melihat secara langsung bentuk dari virus yang mematikan tersebut.

Virus yang dilihat Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, itu berada di SDN 1 Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat. Bahkan tidak satu, ada beberapa virus yang ditemukannya, Rabu (15/9/2021).

Tapi jangan salah sangka dulu. Virus yang ditemukan Wali Kota Eva Dwiana, bukanlah virus corona sesungguhnya. Melainkan, hanya berupa gambar hasil karya dari sejumlah siswa SDN 1 Palapa.

“Itu gambar apa ya anak-anak? Kok lucu sekali! Bentuknya bulat dan ada bintik-bintik di bulatan itu,” tanya Eva Dwiana kepada sejumlah siswa saat melihat simulasi PTM terbatas, di SDN 1 Palapa, Rabu.

“Ini gambar virus corona, Bunda! Menggambar ini supaya kami tahu bentuk dari virus itu,” jawab salah satu siswa kepada Wali Kota Eva Dwiana. “Oh ternyata gambar virus corona ya ibu guru,” timpal Eva Dwiana.

Kepala SDN 1 Palapa Bandar Lampung, Mimin Tarsih, M.Pd, beserta jajaran, mengabadikan momen disaat kunjungan Wali Kota Eva Dwiana untuk melihat simulasi PTM terbatas, di SDN 1 Palapa. ISTIMEWA

Baca juga: Wali Kota Eva Dwiana Puji Keterampilan Menulis Siswa SDN 1 Sukarame

Dihadapan warga sekolah Wali Kota Eva Dwiana mengatakan, virus corona sangat cepat menular ke manusia, bila manusia tidak membentengi diri dengan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, virus corona dapat dihindari oleh manusia, caranya dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak.

“Pesan Bunda juga, kalau dari bepergian dan sudah kembali di rumah, harus segera mengganti pakaian dan membersihkan badan atau mandi. Itu bisa kita lakukan berulang, kalau kita pergi berulang-ulang,” ujar dia.

Meski sudah mamatuhi protokol kesehatan secara baik, Eva Dwiana juga meminta warga sekolah untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Saya minta para guru di sini juga bisa menjadi satuan tugas Covid-19. Tugasnya, memberitahu masyarakat sekitar sekolah pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” tutur dia.

Sementara Kepala SDN 1 Palapa, Mimin Tarsih, M.Pd, mengatakan kehadiran Wali Kota Eva Dwiana di tempatnya dapat memacu semangat siswa dalam mengikuti PTM meski terbatas.

“Kami atas nama keluarga besar SDN 1 Palapa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk Bunda Eva yang sudah melihat proses PTM di sekolah kami. Kami semakin semangat,” ujar dia.

Pada simulasi PTM ini, lanjut dia, baru diikuti 180 siswa atau empat kelas siswa kelas 6. Pada setiap kelasnya, hanya diisi 50 persen dari jumlah siswa per kelas. Siswa yang mengikuti PTM, berdasar nomor urut daftar hadir.

“Sistem masuk PTM terbatas, sudah kami atur sejak Senin lalu. Kalau dihitung, setiap siswa akan mengikuti PTM dua kali dalam sepekan. Hal ini juga sudah kami sampaikan ke Disdikbud,” tutup dia. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close