Bandar Lampung

Wali Kota Herman HN Minta Sekolah Kumpulkan Nama Guru Honorer

Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M (kiri), saat akan mengikuti peringatan HUT ke-75 PGRI dan HGN 2020, yang digelar PGRI Bandar Lampung. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M meminta sekolah mengumpulkan daftar nama tenaga honorer untuk diusulkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota.

Permintaan tersebut disampaikan orang nomor satu di Kota Tapis Berseri itu, saat menghadiri upacara HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020, di SMP Negeri 1 Bandar Lampung, Rabu (25/11/2020).

Menurut dia, pengusulan nama-nama tersebut menindaklanjuti informasi dari pemerintah pusat terkait pembukaan seleksi bagi guru honorer atau non-PNS yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Target kita 2500 guru honorer dapat mengikuti seleksi PPPK. Namun, kita prioritaskan yang di atas 35 tahun dahulu untuk mengikuti seleksi itu,” ujar dia yang disambut riuh tepuk tangan peserta upacara HUT ke-75 PGRI HGN 2020 itu.

Diketahui, pada tahun 2021 pemerintah akan membuka seleksi bagi guru honorer untuk diangkat menjadi PPPK. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak satu juta guru. Sebelum diangkat PPPK, namun guru honorer lebih dahulu mengikuti seleksi.

Dalam rangka membantu persiapan calon guru PPPK menghadapi seleksi, pemerintah melalui Kemdikbud akan menyiapkan materi pembelajaran mandiri secara dalam jaringan (daring) atau online.

Para calon guru diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan semaksimal mungkin agar dapat lolos ujian seleksi dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Semua biaya ujian seleksi akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Bahkan setiap pendaftar diberi kesempatan untuk mengikuti ujian hingga tiga kali.

“Jika peserta ujian gagal pada kesempatan pertama, maka peserta dapat mengikuti ujian hingga dua kali lagi,” kata Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, saat mengumumkan mekanisme seleksi PPPK, Senin 23 November 2020. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close