Pendidikan

Sambut Kunjungan Ibu Negara, Kemendikbud Ristek dan Disdikbud Gelar Festival Permainan Tradisional

Melestarikan Warisan Budaya Bangsa

Sejumlah siswa saat mengikuti lomba lari balok, pada Festival Permainan Tradisional, di Lapangan BPMP Lampung, Minggu, 5 Maret 2023. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Sebanyak 330 peserta didik sekolah dasar (SD) dari 20 kecamatan di Kota Bandar Lampung, mengikuti Festival Permainan Tradisional, di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung, Minggu, 5 Maret 2023.

Festival permainan tradisional dalam rangka mengampanyekan aktivitas fisik khususnya bagi pelajar SD, ini bagian pelestarian permainan sebagai warisan dan nilai budaya bangsa, serta tradisional kearifan lokal di setiap daerah.

Direktur Sekolah Dasar, Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Kemendikbud Ristek, Dr. Muhammad Hasbi, diwakili Widyaprada Ahli Utama Direktorat Sekolah Dasar, Jumeri S.TP., M.Si, mengatakan festival ini mengenalkan keragaman permainan kepada anak.

Diadakannya permainan ini agar anak-anak tidak tergerus zaman, terlebih saat ini telah berkembangnya teknologi perangkat elektronik gadget, seperti laptop atau komputer, dan handphone, sehingga dapat mempengaruhi permainan tradisional.

“Permainan yang dapat mengasah fisik dan kreativitas, ini juga dapat menanamkan pendidikan karakter sejak dini, guna menyiapkan generasi emas untuk meneruskan perjuangan negeri ini ke depan,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd, diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Pendidikan Dasar, Mulyadi Syukri, S.Sos, mengatakan ada enam jenis permainan tradisional yang dilakukan pada festival ini.

Secara perinci, yakni permainan lari balok, congklak, engklek, engrang batok, bola bekel, dan bakiak. “Dalam mengikuti permainan tersebut, setiap kecamatan se-Kota Bandar Lampung, masing-masing mengirimkan 12 siswa sekolah dasar,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah memercayakan Kota Bandar Lampung sebagai salah satu daerah festival permainan tradisional dalam rangka menyambut kunjungan Ibu Negara pada 8 Maret 2023.

“Apa yang telah direkomendasikan Kemendikbud Ristek terkait rencana kunjungan Ibu Negera dan sejumlah Ibu Menteri Kabinet Indonesia Maju, sudah dilaksanakan Disdikbud Bandar Lampung. Salah satunya mengikuti festival ini,” kata dia.

Kemudian, Kepala BPMP Lampung yang diwakili Kepala Subbagian Umum, Muhamad Syafran, S.T., M.M, menjelaskan peserta festival yang berhasil memenangkan lomba nantinya akan tampil di hadapan Ibu Negara dan Ibu Menteri.

“Insyaallah semua para juara lomba pada festival permainan tradisional ini akan tampil kembali di hadapan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Menteri lainnya, di SD Negeri 2 Rawa Laut pada Rabu, 8 Maret mendatang,” ujar Syafran.

Diketahui, turut hadir pada festival, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung, Dra. Suriatanti Supriyadi, M.Si, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Mega Puri, S.Pd., M.M, serta pengurus kelompok kerja kepala sekolah (KKKS) tingkat kota dan kecataman se-Bandar Lampung. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close