Bandar Lampung

Disdikbud Bandar Lampung Latih 60 Proktor SD Guna Hadapi ANBK 2021

Plt. Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana (tengah), saat membuka pelatihan bagi tenaga teknis guna menghadapi ANBK SD tahun 2021, di Hotel Whiz Prime Lampung, Rabu (13/10/2021). SMARTNEWS.ID

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung melakukan pelatihan bagi tenaga teknis guna pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021, di Hotel Whiz Prime Bandar Lampung, Rabu (13/10/2021).

Pelatihan yang dilakukan selama satu hari dengan diikuti 60 proktor atau operator sekolah dasar (SD) di Bandar Lampung, dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana.

Saat kegiatan Eka Afriana mengatakan, pelatihan ini sebagai persiapan melaksanakan ANBK tahun 2021. ANBK yang dilakukan oleh pemerintah yakni untuk melakukan pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Menurutnya, ANBK nantinya akan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. “Intinya ANBK adalah untuk penilaian tentang sekolah,” katanya.

Di Bandar Lampung sendiri, katanya, ANBK SD akan diikuti 299 satuan pendidikan, secara perinci 237 SD dan 62 Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Tuturnya, ANBK pada jenjang SD akan diikuti 30 peserta didik ditambah dengan 5 peserta didik sebagai cadangan. “Jumlah itu sudah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” katanya.

Dia mengatakan, ANBK jenjang SD akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada 8 – 11 November 2021. Sedangkan gelombang kedua pada 15 – 18 November 2021.

Sementara Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos, menambahkan pelatihan bagi tenaga teknis yang diikuti 60 proktor SD sebagai ujung tombak untuk pelaksanaan UNBK tahun 2021 pada November mendatang.

Pada pelaksanaan ANBK di Kota Tapis Berseri, nantinya dibagi menjadi tiga kategori. Pertama ANBK diikuti satuan pendidikan secara mandiri, mandiri ditumpangi, dan sekolah menumpang.

“Sedangkan pelatihan yang diikuti 60 proktor pada hari ini adalah fokus untuk pelaksanaan ANBK secara mandiri,” ujar dia didampingi Koordinator Wilayah 2 Disdikbud Bandar Lampung M Ikhwan Hakim, S.H., M.H itu.

Diketahui, nara sumber pada pelatihan ini diisi oleh Yudi Sepliansyah, S.H dari Disdikbud Lampung, serta Suwanto dan Komang Puspa, S.H dari Disdikbud Bandar Lampung. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close