Humaniora

Joss! Disdikbud Segera Salur Tunjangan Profesi Guru Tahap 2

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, segera salurkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahap 2 triwulan I (Januari, Februari, dan Maret) tahun 2019, bagi guru TK, SD dan SMP, serta pengawas sekolah.

Tahap sebelumnya, 2.793 guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bandar Lampung telah menerima TPG yang disalurkan ke rekening guru, Jumat (10/5). TPG tahap 2 segera disalurkan, setelah guru memperoleh SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Plt Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Disdikbud Bandar Lampung Supriatin, M.Pd, kepada smartnews.id, Rabu (22/5/2019) mengatakan, TPG yang akan disalurkan mencapai Rp4,31 miliar untuk 371 guru ASN tersebar disejumlah sekolah.

Secara perinci, penerima TPG terdiri atas guru TK sebanyak 8 orang senilai Rp91,11 juta; guru SD (190) Rp2,22 miliar; guru SMP (132) Rp1,48 miliar; dan pengawas sekolah (41) Rp515,80 juta. “Guru yang menerima TPG, akan dikenai Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21,” katanya.

Dia menerangkan, proses penyaluran TPG tahap 2 sama seperti tahap 1, yakni disalurkan melalui salah satu Bank pemerintah yang bekerjasama dengan Disdikbud, ke rekening masing-masing guru. Dia memastikan, TPG utuh diterima guru tanpa pemotongan dari pihak manapun.

“TPG yang akan diterima guru, sama persis dengan penghasilan yang diterima selama ini. Kami pastikan tidak ada pemotongan untuk penyaluran TPG ini, kecuali ada PPh Pasal 21 sebagaimana diatur dalam undang-undang,” kata dia secara tegas.

Menurut dia, ketepatan penyaluran TPG triwulan I ini, tidak lepas atas kerja nyata pihaknya yang selalu mengawal keluarnya SK Dirjen GTK Kemendikbud. “Terutama Ibu Demmy Febriani. Dia setiap hari melirik komputer, guna mengecek SK Dirjen sebagai syarat pencairan TPG,” katanya.

Dia memperkirakan, TPG sudah diterima di rekening guru pada pekan ini. “Berkas TPG sudah disampaikan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota, Senin kemarin. “Insya Allah minggu-minggu ini, guru sudah menerimanya,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close