Humaniora

Pawai Budaya Kota Bandar Lampung Pukau Masyarakat Kota Semarang

SEMARANG (smartnews.id) — Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengaspal di Kota Semarang, Jawa Tengah, guna mengikuti pawai budaya Semarang Night Carnival, Rabu (3/7/2019) malam.

Penampilan para peserta pawai budaya yang pada kesempatan itu mengenakan pakaian khas adat Lampung, memperoleh sambutan hangat dari masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya, serta pukau peserta kota-kota lain di tanah air.

Sebagaimana diketahui, pawai budaya di Kota Semarang, merupakan bagian dari kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2019. APEKSI itu diikuti Pemerintah Kota Se-Indonesia.

Pada pawai budaya, turut dihadiri Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M, beserta istri Dr. Eva Dwiana Herman HN, M.Si. Kepala Disdikbud Ir. Daniel Marsudi, Sekretaris Eka Afriana, S.Pd., M.M, dan sejumlah pejabat di Disdikbud.

Sambutan hangat masyarakat yang menyaksikan pawai budaya terlihat saat rombongan pawai melintasi Jalan Imam Bonjol Tugu Muda – Jalan Kapten Piere Tendean – Jalan Pemuda. Saat itu pula rombongan menampilkan pertunjukan.

Penampilan yang cukup mencuri perhatian masyarakat ialah dua pasang pengantin dengan mengenakan pakaian adat Lampung Pepadun dan Sai Batin, serta tarian melinting yang telah dikreasi, dibawakan enam peserta.

Saat berjalan, tidak sedikit masyarakat Kota Semarang dan kota lain di tanah air, serta warga negara asing mengabadikan momen melalui kamera. Mereka mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

“Penampilan peserta dari Kota Bandar Lampung sangat menarik. Kami sebagai warga di sini sangat menikmatinya. Penampilannya sangat apik-apik (bagus-bagus.red),” ujar Khosnah yang merupakan warga Kota Semarang itu.

Tidak berhenti sampai di situ, tepat di depan tribun utama, saat rombongan pawai budaya kembali menampilkan tarian khas Lampung, juga memperoleh apresiasi dan tepuk tangan meriah dari masyarakat dan sejumlah perwakilan kepala daerah.

“Alhamdulillah, tepat pukul 22.45, rombongan pawai budaya berhasil tampil gemilang dihadapan masyarakat Kota Semarang, saat di tribun utama depan Balai Kota Semarang. Ini bentuk keberhasilan Kota Bandar Lampung,” ujar Sekretaris Disdikbud. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close