Humaniora

Penyemprotan Disinfektan ke Tubuh Sangat Berbahaya

SMARTNEWS.ID — Penyemprotan disinfektan langsung ke tubuh manusia, guna menekan mikroorganisme di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), sangat berbahaya.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Prof Reviono, seperti dikutip dari laman resmi UNS, Sabtu (4/4/2020).

Dikatakan berbahaya, lanjut dia, karena bahan yang terkandung dalam disinfektan merupakan partikel berbahaya. “Jangan pernah langsung menyemprotkan disinfektan ke tubuh,” ujarnya yang juga pakar paru itu.

Dampak dari disinfektan yang terhirup manusia, menurut dia dapat membuat peradangan pada saluran nafas. Sedangkan jika terkena pada mata akan menyebabkan iritasi.

“Kalau setiap hari disemprot ke tubuh, akan ada akumulasi partikel berbahaya. Entah itu deterjen maupun alkohol, akan terhirup dan masuk ke saluran pernapasan,” kata dia.

Secara akumulasi, tambah dia, dapat terjadi kerusakan yang paling ringan yakni bronkitis akut, serta peradangan pneumonitis. “Jadi di alveoli ikut meradang atau terjadi kerusakan,” katanya.

Cara efektif menghindari virus, menurut dia, mencuci tangan pakai sabun, membersihkan diri, mengganti pakaian, gunakan masker dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

“Semisal kita habis bepergian yang disinyalir sumber infeksi, seperti habis jenguk orang sakit atau dari rumah sakit, kita harus melakukan langkah-langkah tersebut,” terangnya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close