Humaniora

Plt Kepala Disdikbud Kota Pimpin Rapat Persiapan PPDB SMP Negeri 2020

Plt Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Drs. Sukarma Wijaya (kanan), saat memimpin rapat persiapan PPDB bersama kepala SMP se-Bandar Lampung, lewat video conference.

SMARTNEWS.ID — Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Drs. Sukarma Wijaya, pimpin rapat persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rapat dilakukan melalui video konference dan diikuti Kepala SMP Negeri dan Swasta se-Kota Tapis Berseri dari tempat kerjanya masing-masing, itu membahas sejumlah hal terkait PPDB.

Dalam rapat itu, plt kepala dinas meminta sekolah selama pelaksanaan PPDB mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020.

Dimana dalam pelaksanaan PPDB, setiap satuan pendidikan di Bandar Lampung, perlu memperhatikan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Hingga saat ini belum ada kebijakan dari pusat menyatakan bahwa Covid-19 berakhir. Untuk itu, kami meminta sekolah menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan PPDB,” katanya.

Dia mengatakan, PPDB akan dilakukan melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online. Kendati terpaksa melayani manual, sekolah wajib memperhatikan protokol kesehatan.

“Pada prinsipnya PPDB mengacu pada juknis yang telah dituangkan. Mari bisa dipahami, saling asah, saling asuh, dan saling asih dengan penerapan sebaik-baiknya,” ujar dia yang juga Asisten I Pemerintah Kota Bandar Lampung itu.

Turut rapat bersama plt kepala dinas dari ruang rapat asisten pemerintah kota, Sekretaris Disdikbud Eka Afriana, S.Pd., M.Si, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M.

Kemudian, Kepala Seksi GTK Suprihatin, M.Pd, Panitia PPDB Disdikbud Evan Toera, S.P., M.Si, Kepala SMPN 23 Kota Drs. Irwan Qalbi, M.Pd, dan pengurus MKKS SMP Kota.

Kendati berada dalam satu ruangan, namun rapat menerapkan protokol kesehatan, seperti peserta rapat memakai masker, dan menjaga jarak fisik atau physical distancing.

Sementara itu Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si menerangkan, daya tampung PPDB pada SMP Negeri TP 2020/2021 di Bandar Lampung berjumlah 12.960 siswa baru.

Jumlah tersebut menurutnya, termasuk untuk tiga SMP Negeri yang baru terbentuk. “Jumlah itu, termasuk bagi sekolah baru, yakni SMPN 42, SMPN 43, SMPN 44, dan SMPN 45,” ujar dia.

Dia juga menegaskan, bahwa PPDB pada sekolah akan menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh, dan tenda di ruang terbuka.

“Penyediaan hal-hal tersebut, sekolah dapat memakai dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Karena Kemdikbud telah mengizinkan selama pandemi Covid-19,” kata dia. (YUS)

Jadwal PPDB SMPN TP 2020/2021
1. Pendaftaran zonasi biling, afirmasi, anak kandung GTK, dan prestasi.
a. Pendaftaran: 29, 30 Juni dan 1,2 Juli 2020.
b. Pukul: 08.00 – 12.00 wib
c. Pengumuman: 6 Juli 2020
d. Pendaftaran ulang: 6 – 7 Juli 2020

2. Pendaftaran online zonasi dan perpindahan tugas orangtua siswa.
a. Pendaftaran: 6 – 8 Juli 2020
b. Pukul: 08.00 – 12.00 wib
c. Proses seleksi real time: 6 – 8 Juli 2020
d. Pengumuman: 9 Juli 2020
e. Pendaftaran ulang: 9 – 10 Juli 2020

3. Calon siswa diterima hadir di sekolah
a. Hari/tanggal: Jumat, 10 Juli 2020
b. Pukul: 08.00 wib
c. Acara: Persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

4. MPLS
a. Senin hingga Rabu, 13 – 15 Juli 2020
b. Waktu: Sesuai jadwal di sekolah

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close