Institut Teknologi Sumatera

PMB Siapkan 5.200 Kursi, Itera Pamerkan Prodi & Campus Tour ke Pelajar SMA/SMK

Lewat Itera Open House 2024

DOK HUMAS ITERA

SMARTNEWS.ID – Pada tahun 2024 ini, Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyiapkan 5.200 bangku bagi calon mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Sebanyak 5.200 calon mahasiswa yang disebar pada 41 program studi, nantinya akan diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Guna mengisi daya tampung yang disiapkan itu, Itera mengajak ratusan pelajar kelas 12 dari 75 SMA sederajat di Lampung, Sumatera Selatan, dan DKI Jakarta, mengikuti Itera Open House 2024, Sabtu, 17 Februari 2024.

Kegiatan yang digelar di Gedung Kuliah Umum 2 Itera itu, para pelajar tidak hanya mendengarkan paparan dari Itera, namun juga dipamerkan program studi (prodi), merasakan kuliah di prodi, hingga campus tour.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera, Abdul Rajak, mengatakan Itera Open House 2024 mengedukasi sekaligus memperkenalkan Itera kepada pelajar yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Menurut dia, cara ini dinilai efektif agar para calon mahasiswa mengenal lebih luas tentang Itera melalui program-program yang disajikan oleh para nara sumber pada Itera Open House 2024 ini.

“Ini merupakan ajang sosialisasi kepada calon mahasiswa baru yang berminat ke Itera, terlebih Itera pada tahun 2024 ini akan menyiapkan daya tampung sebanyak 5.200 orang,” kata dia.

Ia mengatakan, daya tampung itu akan dibagi menjadi: 30 persen jalur SNBP, 65 persen jalur SNBT, dan sisanya melalui Jalur Mandiri. Namun, sambungnya, persentase ini bisa saja berubah bergantung kondisinya.

“Mengapa kami menentukan persentase itu, karena berdasar aturan kementerian jalur SNBP minimal 20 persen, jalur SNBT minimal 40 persen, baru sisanya maksimal 30 persen untuk Jalur mandiri,” kata dia.

Sementara pada Jalur Mandiri, sambung dia, juga akan dibagi menjadi tiga jenis penerimaan, yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat, Prestasi Khusus, dan Mandiri Lanjutan.

Seleksi SMMPTN Barat, merupakan seleksi mandiri bersama diselenggarakan PTN di wilayah Indonesia Bagian Barat. Jalur ini peserta melakukan tes UTBK serentak dengan melibatkan 25 PTN di wilayah barat.

“Untuk tahun ini Itera akan menjadi ketua tim penyelenggara pada jalur masuk pada Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat,” ujar Abdul Rajak.

Sedangkan pada seleksi mandiri Prestasi Khusus, menampung calon mahasiswa yang memiliki bakat prestasi pada bidang akademik maupun non akademik, Serta memiliki potensi mengembangkan bakatnya tersebut.

“Adapun bidang prestasinya antara lain, olimpiade, olahraga, seni, hafiz quran, paskibraka, dan pramuka. Kesemuanya itu nanti akan dilakukan seleksi Interview dan unjuk bakat,” jelasnya.

Sementara jalur seleksi Mandiri Lanjutan, merupakan seleksi berdasar nilai rapor SNBP dan nilai UTBK pada SNBT. “Syarat mengikuti jalur ini adalah telah mengikuti jalur SNBP dan SNBT namun tidak lulus,” katanya.

Diketahui, Itera Open House 2024 pada talk show menghadirkan nara sumber, diantaranya, Abdul Rajak; Dekan Fakultas Sains, Ikah Ning Prasetiowati Permanasari; Dekan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Arif Rohman; serta Dekan Fakultas Teknologi Industri yang diwakili Jabosar R.H. Panjaitan. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close