Pendidikan

Persami SDN 2 Batu Putuk Bentuk Kepribadiaan Siswa Bertanggungjawab & Berkarakter

DOK SDN 2 BATU PUTUK

SMARTNEWS.ID – SD Negeri 2 Batu Putuk, Kota Bandar Lampung, menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), di sekolah setempat, 17-18 Februari 2024.

Persami diisi dengan sejumlah kegiatan yang akan diikuti para siswa tersebut, dalam rangka membentuk kepribadian siswa yang bertanggungjawab dan berkarakter.

“Meski pembukaan diiringi hujan deras, namun semangat siswa mengikuti Persami tidak pernah pudar,” ujar Kepala SDN 2 Batu Putuk, Heri Risdianto, S.Pd, saat membuka kegiatan, Sabtu, 17 Februari 2024.

Persami awalnya akan digelar di lapangan namun akhirnya dialihkan disebabkan hujan deras ini, ternyata sangat antusias diikuti siswa yang berasal dari kelas 4, 5, dan 6 itu.

Kegiatan ini, kata Ketua Gugus Depan Pramuka Sekolah itu, sebagai salah satu upaya membentuk karakter seseorang melalui metode kepramukaan.

“Karena di dalam kegiatan ini para siswa akan belajar nilai-nilai kejujuran, disiplin, kerjasama, kepemimpinan, serta tanggung jawab,” kata pria berkulit putih dan tinggi besar itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Persami Mujahidin menuturkan Persami ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti korve tenda, tali temali, jelajah alam.

Selanjutnya, api unggun, salat malam, olahraga pagi, baris berbaris, semaphore dan sandi morse, memasak dan menghidangkan masakan, serta kerja bakti/ gotong royong.

Pentingnya itu, guna mengukur kemampuan dan pencapaian siswa dalam berbagai bidang, seperti keterampilan teknis, pengetahuan, kegiatan fisik, dan keterampilan sosial.

“Kegiatan kepramukaan ini menyenangkan sekali bagi murid, meskipun melelahkan tapi semuanya terbayar dengan banyaknya pengalaman yang tidak terbayarkan,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini untuk menyemangati atau menggelorakan jiwa-jiwa kepramukaan,
taat kepada agama, toleransi, jujur, memiliki sikap disiplin, dan tolong menolong.

Diketahui, sebelum acara dibuka, pada pagi harinya siswa-siswi yang dibimbing oleh kakak-kakak pembina, bersama-sama mendirikan tenda sebagai persiapan kemah. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close