Bandar Lampung

PTM Penuh, Disdikbud Bandar Lampung Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Siswa

Sejumlah pelajar saat mengikuti PTM terbatas di salah satu SDN di Bandar Lampung, beberapa waktu lalu. DOK

SMARTNEWS.ID – Pembelajaran tatap muka (PTM) penuh pada jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, mulai dilaksanakan pada 7 Februari 2022.

Pada PTM penuh nantinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, akan mengutamakan kesehatan dan keselamatan guru dan tenaga kependidikan, dan peserta didik.

“Kunci kesuksesan PTM penuh adalah kesehatan dan keselamatan warga sekolah,” ujar Plt. Kepala Disdikbud Hj. Eka Afriana, S.Pd yang diwakili Plh. Sekertaris Mulyadi, S.Sos, Senin (10/2/2022).

Melaksanakan PTM penuh, satuan pendidikan akan merujuk pada surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri dan standar operasional prosedur (SOP) Disdikbud Bandar Lampung.

Meski PTM penuh, namun kata dia, warga sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Setiap kelas hanya menampung 50 persen dari jumlah peserta didik.

“Dimaksud PTM penuh bukan berarti siswa masuk di satu kelas. Tetapi, akan diatur waktu belajarnya, sehingga tidak terjadi kerumunan,” ujar Kepala Seksi Kelembagaan itu.

Sedangkan bagi siswa belum bisa mengikuti PTM penuh, lanjutnya, siswa masih diberikan kesempatan mengikuti pembelajaran secara dalam jaringan (daring) atau online.

“Syarat siswa ikut PTM penuh harus mendapat persetujuan dari orangtuanya. Sementara yang belum diizinkan atau sedang sakit, sekolah masih menyediakan opsi pembelajaran daring,” katanya.

Dia menambahkan, PTM penuh nantinya maksimal hanya dilaksanakan 6 jam per hari. “Mengenai hal itu dan lain sebagainya, saat ini kami sedang menyusun SOP-nya,” tutup dia. (***)

Baca juga: Kemendikbudristek Apresiasi Kesiapan PTM Penuh di Kota Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close