Humaniora

Ratusan Guru SD se-Kecamatan TbT & TbB Ikuti IHT Pembelajaran Kurikulum 2013

Dibuka Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung

SMARTNEWS.ID — Ratusan guru SD se-Kecamatan Telukbetung Timur dan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung, mengikuti In House Training (IHT), terkait pembelajaran kurikulum 2013.

IHT berlangsung dua hari ke depan, itu serentak dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, di SDN 1 Kotakarang, Jumat (7/2/2020).

Turut hadiri pembukaan IHT, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, Koordinator Wilayah I Disdikbud Husni Tamrin, S.H., S.Sos., M.M, dan sejumlah kepala sekolah.

Dihadapan peserta IHT, Sekretaris memaparkan arti pentingnya kinerja seorang guru. Menurutnya, kinerja yang baik akan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mendidik siswa.

“Siswa menjadi pintar dan berkarakter, itu berkat didikan dan motivasi gurunya. Jangan pernah lelah dalam mengajarkan siswa,” ujar dia seraya membangkitkan semangat para guru itu.

Untuk memajukan pendidikan di Tanah Air, menurut dia Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A telah mengeluarkan kebijakan melalui program merdeka belajar.

Seperti penilaian, sebelumnya siswa mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN), diganti melalui asesmen kompetensi minimum dan survei karakter.

“USBN dan UN terakhir akan dilaksanakan 2020 ini. Sedangan 2021 diganti dengan penilaian baru. Ini bagian dari program merdeka belajar yang diinginkan Mendikbud,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelumnya dibuat guru berlembar-lembar, melalui kebijakan baru akan hanya berlaku satu lembar saja.

“Mulai tahun pelajaran baru, RPP akan disederhanakan menjadi satu lembar saja. Untuk menghadapi hal itu, mulailah dari sekarang guru memrogramkannya,” ujar dia.

Disamping itu pula akan terjadi perubahan pada pola Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Mengenai PPDB di sekolah, juga sedang digodok aturannya oleh Kemdikbud” kata dia. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close