Ruwa Jurai

Rektor Unila Diusulkan Fraksi DPRD Jadi Penjabat Gubernur Lampung

Rektor Unila Prof. Lusmelia Afriani. DOK

SMARTNEWS.ID – Fraksi-fraksi di DPRD Lampung, mengusulkan Rektor Unila Prof. Lusmelia Afriani, sebagai salah satu calon Penjabat Gubernur Lampung mengantikan Arinal Djunaidi yang akan habis masa jabatannya pada Desember 2023.

Selain Rektor Unila, ada tiga nama lain yang juga diusulkan, seperti Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin dan Sekretaris Jenderal DPD RI Rahman Hadi.

Berdasar informasi yang diterima, usulan fraksi itu ditandatangani pada 16 November 2023. Sekretaris Fraksi PKS DPRD Lampung Vittorio Dwison membenarkan bahwa fraksinya sudah mengusulkan salah satunya Lusmeilia Afriani.

Beberapa alasan sejumlah nama-nama tersebut diusulkan oleh Fraksi PKS. Di antaranya mengenai kapasitas dan pemahaman yang memadai terhadap Lampung. ’’Dan tentu rekam jejaknya,” ujar dia.

Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Lampung, Elly Wahyuni menyebut bahwa surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai akhir masa jabatan Gubernur Lampung belum turun.

Namun, Bendahara Partai Gerindra Lampung itu mengakui sudah ada fraksi-fraksi yang menyampaikan usulan nama Penjabat Gubernur Lampung.

“Sifatnya menyiapkan. Kami menyiapkan selagi belum ada surat dari Kemendagri, kalau sudah ada baru kami buat usulan,” kata Elly Wahyuni, Sabtu, 18 November 2023.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua III DPRD Lampung Yozi Rizal dari Fraksi Demokrat. Dia juga membenarkan sudah ada beberapa fraksi yang mengusulkan nama Penjabat Gubernur Lampung.

“Benar bahwa beberapa fraksi sudah mengusulkan, tapi tak etis bila saya menyebutkan fraksi mana saja yang sudah mengusulkan dan siapa saja yang diusulkan,” kata Yozi Rizal. (*)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close