Humaniora

Sekretaris Disdikbud Kota Minta Guru Maksimal Mendidik Siswa

SMARTNEWS.ID — Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, meminta guru di Kota Tapis Berseri, lebih maksimal dalam mendidik siswa.

Hal itu dilakukan dengan tujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter, kepribadian, serta peradaban yang bermartabat, bagi generasi penerus bangsa.

“Guru saat ini harus bergerak. Maksud bergerak adalah guru harus lebih maksimal dalam mendidik siswa,” ujar Sekretaris saat membuka In House Training (IHT), Jumat (14/2/2020).

Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si (tengah), berfoto bersama guru SD di Kecamatan Tanjung Senang.

IHT terkait merdeka belajar yang dilakukan di SDN 3 Perumnas Way Kandis, itu diikuti 114 guru sekolah dasar (SD) negeri dan swasta se-Kecamatan Tanjung Senang.

Untuk menyukseskan program pendidikan di sekolah, dia meminta kepada guru dapat menciptakan suasana yang bahagia, selama proses kegiatan belajar mengajar.

“Pembelajaran yang bahagia merupakan tujuan dari program merdeka belajar yang menjadi kebijakan Menteri Pendidik dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim,” katanya.

Dalam mendukung program merdeka belajar, lanjut dia, pemerintah pusat mulai 2020 meningkatkan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) kepada sekolah se-Tanah Air.

Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M berfoto bersama pengawas dan kepala sekolah.

Salahsatu manfaat kenaikan BOS, menurutnya yang kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, ialah untuk menyejahterakan guru honorer.

“Kalau dulu gaji guru honorer diambil dari dana BOS hanya 15 persen. Merujuk petunjuk teknis penggunaan dana BOS 2020, gaji guru honorer bisa diambil hingga 50 persen,” ujarnya.

Masih dalam kesempatan itu, dia juga meminta kepada guru untuk selalu bangga menjadi seorang guru. “Jasa guru sejajar dengan jasa para para pahlawan kita,” kata dia.

Turut hadir pada pembukaan IHT, Koordinator Wilayah V Disdikbud Kota Hartiwi Walawati, S.H., M.M, sejumlah pengawas dan kepala sekolah, di Kecamatan Tanjung Senang. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close