Humaniora

SMAN 3 Bandar Lampung Gelar Bazar Pendidikan Kewirausahaan

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — SMA Negeri 3 Bandar Lampung menggelar bazar pendidikan kewirausahaan, implementasi kreasi dan inovasi siswa, di halaman sekolah setempat, pada 10 – 11 Desember 2019.

Bazar mengambil tema Maju Bersama Hebat Semua, secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M, melalui Sekretaris Drs. Aswarodi, M.Si, Selasa (10/12/2019).

Aswarodi dalam keterangannya mengatakan, bazar di SMAN 3 merupakan hasil kerja keras siswa yang telah berlatih di bidang kewirausahaan. Menurutnya, hari ini merupakan unjuk dari kerja keras tersebut.

“Atas nama pimpinan Disdikbud Lampung, kami mengapresiasi bazar di SMAN 3 ini. Bazar ini adalah hasil proses berlatih, pembelajaran, dan diskusi dilakuan siswa. Tentu, kegiatan ini patut memperoleh penghargaan besar,” katanya.

Sekretaris Disdikbud Lampung Drs. Aswarodi, M.Si, didampingi Kepala SMAN 3 Bandar Lampung Drs. Mahlil, M.Pd, saat mencicipi makanan hasil kreasi siswa.

Dia mengatakan, pada tahun 2020, Indonesia akan memeroleh bonus demografi. Dimana, angkatan kerja akan tumbuh dan melebihi dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini, tentu menjadi tantangan bagi generasi bangsa.

“Dari data statistik, sebesar 40% lulusan SMA/SMK di Tanah Air merupakan penyumbang pengangguran terbesar. Melalui kegiatan keterampilan ini, diharapkan lulusan kita kelak mampu berwirausaha,” ujarnya.

Sementara itu Kepala SMAN 3 Bandar Lampung Drs. Mahlil, M.Pd menerangkan, bazar yang diikuti 27 kelompok usaha SMAN 3, serta lima sekolah imbas dan sponsorship, murni merupakan hasil kreasi dan inovasi siswa.

Sekretaris Disdikbud Lampung Drs. Aswarodi, M.Si, secara simbolis memberi penghargaan kepada sejumlah siswa berprestasi di bidang akademik dan nonakademik, di SMAN 3.

Menurutnya, bazar ini merupakan bantuan dari Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, yang menginginkan siswa SMA memiliki keterampilan dan kreativitas di bidang wirausaha.

“Dari hasil kajian, sekitar 30% – 40% lulusan SMA tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sehingga Direktorat memberikan bantuan ini. Tujuannya, bagi yang tidak melanjutkan, diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Turut hadir pada pembukaan bazar, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif, Cabang Dinas Disdikbud Provinsi Lampung, serta sejumlah orang tua siswa. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close