Humaniora

Wali Kota Herman HN Buka MTQ Ke-51 Tingkat Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Wali Kota Bandar Lampung, Drs. Herman HN, M.M, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tingkat kota, Senin (10/2/2020) malam.

Pembukaan MTQ yang digelar di lapangan PT Multicon, Jalan Laksamana Yos Sudarso, Kecamatan Bumi Waras, itu ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wali Kota.

MTQ mengusung tema “Semangat MTQ Satukan Langkah Membangun Generasi Qur’ani Menuju Kota Bandar Lampung yang Semakin Kuat, Iman, dan Taqwa” dihadiri ribuan warga kota.

Turut hadir pada pembukaan MTQ, Ketua DPRD Kota Wiyadi, S.P, Ketua TP PKK Kota Dr. Eva Dwiana Herman HN, M.Si, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Bandar Lampung.

Wali Kota Herman HN dalam sambutannya mengatakan, MTQ ke-51 tingkat kota merupakan kontestasi peserta untuk memperoleh tiket melaju pada MTQ tingkat Provinsi Lampung.

Selama perlombaan, menurut dia peserta akan dinilai secara objektif oleh para dewan hakim. “Kami minta ke dewan hakim dalam menilai Qari dan Qariah benar-benar yang terbaik,” katanya.

Dia menerangkan, peserta MTQ ke-51 adalah warga Kota Bandar Lampung dari 20 kecamatan. “Kami jelaskan kepada Ketua LPTQ Lampung, bahwa peserta adalah warga kota sini,” ujarnya.

Kemudian, tuan rumah kegiatan MTQ ke-51 yang juga sebagai Camat Bumi Waras Riana Apriana AP M.M menerangkan, MTQ tingkat kota diikuti oleh 400 peserta dan 150 ofisial.

Peserta menurutnya, berasal dari 20 kecamatan se-Kota Bandar Lampung. Sedangkan dewan hakim dari Kementerian Agama Kota, UIN Raden Intan Lampung, dan pimpinan pondok pesantren.

MTQ ini menurutnya, akan diselenggarakan selama empat hari berturut-turut, hingga 13 Februari 2020. “MTQ mampu menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran,” katanya.

Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung mengatakan, MTQ ke-51 tingkat kota ajang yang ditunggu oleh masyarakat.

Menurutnya, MTQ ini mampu memotivasi masyarakat muslim akan kesadaran beragama. “MTQ ini ditunggu karena kecintaan masyarakat dan pemerintah terhadap Alquran,” katanya.

Pembukaan juga turut diramaikan dengan penampilan musik ansambel yang dibawakan siswa SMPN 32 Bandar Lampung, di bawah asuhan kepala sekolah Dr. Wahono, M.Pd.

Penampilan tari-tarian oleh sejumlah pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, serta siswa SMPN 15 Bandar Lampung di bawah asuhan kepala sekolah Neti Ekowati, M.Pd.

Serta, atraksi dari anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), berasal dari sejumlah SMP kota, hasil kerjasama antara Disdikbud Kota dan Polresta Bandar Lampung. (YUS)

Cabang dilombakan pada MTQ ke-51.

1. Tilawah Golongan Anak-anak, Remaja, Dewasa, dan Qiro’at Sab’ah.

2. Golongan Qiro’at Sab’ah Remaja, Qiro’at Sab’ah Dewasa, Qiro’at Sab’ah Mujawwad Dewasa, Tartil dan, Cavat Netra.

3. Tahfiz Golongan 1 Juz Ma’a Tilaawah, 5 Juz Ma’a Tilaawah, dan 10 Niz Ma’a Tilaawah.

4. Tahfizh Golongan 20 Juz, 30 Juz dan Cabang Tafsir Al-Qur’an UI Golongan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.

5. Fahmil Qur’an.

6. Syahril Qur’an.

7. Khottil Qur’an.

8. Makalah Ilmiah Qur’an.

9. Musabaqah Al-Hadish Qur’an.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close