Humaniora

Wali Kota Herman HN Resmikan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, resmikan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, di Jalan Prof. M Yamin, Kecamatan Enggal, Rabu (12/2/2020).

Peresmian kantor yang ditandai dengan menekan tombol sirene oleh wali kota dan Forkopimda, itu turut dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando.

Dalam sambutan wali kota mengatakan, buku sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Membaca buku dapat menambah pengetahuan dan membuka wawasan manusia.

“Kita harus rajin membaca buku, termasuk bagi orang tua. Untuk yang sudah tua, sempatkan satu jam dalam sehari untuk membaca buku. Supaya pengetahuannya bertambah,” ujarnya.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, menyapa kepala organisasi perangkat daerah, saat menghadiri peresmian Kantor Perpustakaan dan Kearsipan.

Namun menurut dia, buku bacaan yang dibaca masyarakat harus mengandung pengetahuan baik, seperti pengetahuan di bidang hukum, pendidikan, sejarah, dan lain sebagainya.

“Jangan pula membaca buku berjam-jam tetapi tidak bermanfaat. Apalagi mengandung berita hoaks. Karena sekarang banyak berita tidak benar yang beredar di masyarakat,” ujar dia.

Dihadapan kepala sekolah yang hadir, wali kota juga meminta sekolah di Kota Tapis Berseri, dapat memanfaatkan koleksi buku pelajaran yang dipunyai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota.

“Saya minta setiap sekolah bergiliran sebulan sekali meminjam buku pelajaran di kantor ini. Karena saya melihat masih ada sekolah yang belum lengkap perpustakaannya,” kata dia.

Kepala TK, SD, dan SMP se-Kota Bandar Lampung, saat menghadiri peresmian Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, di Jalan Prof. M Yamin, Kecamatan Enggal, Rabu (12/2/2020).

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando menerangkan, buku adalah ladang ilmu. Satu buku yang digitalisasi menurutnya, mampu menembus jutaan kepala manusia.

“Bagi tentara, senjata sangat penting di medan perang. Namun senjata hanya digunakan saat menghadapi musuh. Berbeda dengan buku. Satu buku yang digitalisasi mampu menembus jutaan kepala manusia,” jelasnya.

Dia mengatakan, buku juga mampu mengajarkan kebaikan dan perdamaian bagi manusia. “Buku dapat mengantarkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan keberadaan dunia,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Rustam mengatakan, kantor perpustakaan adalah sebagai tempat melayani masyarakat dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Menurutnya, perpustakaan yang dipimpinnya kini telah memiliki sekitar 11 ribu judul buku, puluhan ribu eksemplar koleksi buku, serta ruang visual yang dapat diputar setiap saat oleh masyarakat.

“Hadirnya gedung baru dan banyaknya koleksi buku di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, ini diharapakan minat baca masyarakat di kota semakin meningkat,” ujar dia.

Turut hadiri peresmian, sekretaris kota, para asisten, Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Daniel Marsudi, serta kepala TK, SD, dan SMP se-Bandar Lampung. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close