Nasional & Internasional

4,6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Segera Tiba di Indonesia

Presiden RI Joko Widodo. DOK

SMARTNEWS.ID — Vaksin Covid-19 asal produsen AstraZeneca segera tiba di Indonesia. Vaksin ini akan menambah stok untuk program vaksinasi secara nasional.

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam dalam Dialog dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, baru-baru ini.

“Mungkin akhir Februari atau awal Maret 2021 akan keluar lagi dari AstraZeneca. Itu 4,6 (juta dosis),” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Minggu (21/2/2021).

Menurut Jokowi, vaksin tersebut masih dalam proses pembicaraan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Khususnya, terkait penggunaan vaksin tersebut untuk wilayah tertentu.

“Apakah ini nanti dikhususkan di sebuah provinsi sendiri sehingga pengelolaan manajemennya akan lebih mudah, ini yang belum diputuskan,” ujar mantan Gubernu DKI Jakarta Itu.

Jokowi mengatakan, vaksin AstraZeneca sama halnya dengan Sinovac yang mesti disuntikkan dua kali dosis. Rentang waktu penyuntikan antara dosis pertama dan kedua juga berbeda.

“Kalau Sinovac itu dua minggu, kalau AstraZeneca itu satu bulan sampai dua bulan, yang ini juga masih belum jelas yang satu bulan untuk siapa, yang dua bulan untuk siapa. Ini saya kira arahnya ke sana,” kata Jokowi.

Seperi diketahui, sebelumnya Indonesia menerima 3 juta dosis vaksin Covid-19 asal produsen Sinovac. Vaksin ini digunakan untuk sasaran kelompok tenaga kesehatan.

Sebanyak 7 juta dosis vaksin Covid-19 sudah disiapkan oleh PT Bio Farma untuk program vaksinasi tahap dua. Vaksin produksi PT Bio Farma mengambil bahan baku dari Sinovac.

Rencananya ada tambahan 11 juta dosis vaksin dari PT Bio Farma. Vaksin tersebut akan didistribusikan pada Maret 2021 bersamaan dengan AstraZeneca. (MCID)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close