Humaniora

PPDB Biling SMP Negeri Bandar Lampung Serentak Dibuka

Pegawai UKS Puskesmas Kebon Jahe Bandar Lampung, saat memeriksa suhu tubuh orangtua peserta PPDB biling, di SMPN 33 Bandar Lampung. (Foto: Dok sekolah)

SMARTNEWS.ID — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021, jalur bina lingkungan (biling) pada 45 SMP Negeri di Kota Bandar Lampung serentak dibuka, Senin, 29 Juni.

Pada jalur tersebut, sekolah menyiapkan tiga cara pendaftaran yang dapat dilakukan peserta, yakni melalui website https://ppdbbandarlampung.id, aplikasi WhatsApp sekolah, atau tatap muka.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Hj. Eka Afriana, S.Pd., M.Si mengatakan, PPDB biling sekolah akan menerima calon siswa dari ekonomi tidak mampu pada zonasi sekolah.

Untuk itu, dia meminta pihak sekolah dapat melaksanakan PPDB pada jalur tersebut, sesuai petunjuk teknis pelaksanaan PPDB 2020 yang telah dikeluarkan pemerintah kota.

“PPDB jalur biling harus sesuai juknis. Lakukan dengan baik, agar tidak terjadi kendala,” ujar sekretaris saat memimpin rapat PPDB SMP, di SMP Kartika II-2, Senin (29/6/2020).

Sekretaris Disdikbud Hj. Eka Afriana, S.Pd., M.Si (berdiri), didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M, Kasi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos, dan Ketua MKKS SMP Dr. Hi. M Badrun, M.Ag, saat memipin rapat PPDB SMP Negeri, di SMP Kartika II-2.

Baca juga: Tak Punya Gawai Peserta PPDB SMP Boleh Daftar ke Sekolah

Pada rapat tersebut diikuti 45 kepala SMP Negeri se-Bandar Lampung. Kendati rapat dilakukan tatap muka, namun peserta rapat mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Selain kepala SMP Negeri, rapat turut dihadiri Kabid Pendidikan Dasar Hj. Mega Puri, S.Pd., M.M, Kasi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos, dan Pelaksana PPDB Evan Toera, S.P., M.Si.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum menerima calon siswa, sekolah wajib mencermati data peserta PPDB biling serta memerifikasinya, sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

“Jangan sampai masyarakat tidak mampu yang mendaftar lewat jalur biling tidak diterima. Bila terjadi kendala dan tidak dapat memutuskan, segera melaporkan kepada kami,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia juga meminta kepala SMP Negeri se-Kota Tapis Berseri untuk bersiap serta mengaktifkan nomor telepon seluler, guna kelancaran proses PPDB biling.

“Kendati kita memiliki posko pengaduan PPDB, namun kepala sekolah harus standby. Tidak harus di sekolah, stanby juga boleh dilakukan di dinas pendidikan,” katanya.

Sebanyak 45 Kepala SMP Negeri di Bandar Lampung, saat mengikuti rapat PPDB bersama Disdikbud Bandar Lampung. Saat rapat, peserta mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Disdikbud Bekali SMP Swasta Hadapi KBM New Normal

Ketua MKKS SMP Kota Dr. M Badrun M.Ag pada kesempatan itu menambahkan, pendaftar biling akan dilakukan home visit oleh sekolah, guna memastikan peserta dari warga tidak mampu.

Home visit sudah bisa dilakukan mulai hari ini. Pastikan pendaftar PPDB biling adalah warga Bandar Lampung. Karena program ini khusus bagi warga kota,” ujar dia.

Diketahui, selain jalur biling atau afirmasi, pendaftaran PPDB yang dimulai hari ini juga menerima pendaftar dari jalur prestasi, serta jalur guru dan tenaga kependidikan (GTK).

Pendaftaran pada jalur tersebut akan dilakukan hingga 2 Juli mendatang. Sedangkan jalur zonasi reguler dan perpindahan tugas orangtua, akan dibuka 6 – 8 Juli 2020.

Di sisi lain, PPDB biling yang dilaksanakan sejumlah SMP Negeri di Bandar Lampung pada hari pertama, berjalan cukup lancar serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti di SMP Negeri 33, sebelum mendaftar peserta PPDB diminta mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dicek suhu tubuh, serta mengenakan masker atau pelindung diri.

Usai itu, peserta baru dibolehkan mendaftar kepada panitia PPDB. “Dalam penerapan itu, kami menggandeng petugas UKS Puskesmas Kebon Jahe Ibu Idha anggraini A.Md Kg,” ujar Kepala SMPN 33 M Yusri, S.Pd., M.M. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close