Humaniora

Kemenkes: Sinovac Efektif Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19 Hingga 98 Persen

Salah seorang pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung, saat menerima vaksinasi Covid-19, beberapa waktu lalu. DOK

SMARTNEWS.ID — Ketua Tim Peneliti Efektivitas Vaksin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Pandji Dhewantara menyebutkan, vaksin Sinovac efektif mengurangi risiko Covid-19 di Indonesia.

Katanya, berdasar hasil kajian cepat, dosis lengkap vaksin Sinovac mampu mengurangi risiko Covid-19 hingga 94 persen. Bahkan, vaksin Sinovac juga bisa mencegah kematian hingga hari ke-63 sebesar 98 persen.

“Berdasar hasil kajian vaksin Sinovac ini dapat menurunkan risiko perawatan dan kematian pada Covid-19 sampai 98 persen dibandingkan pada individu yang baru menerima dosis pertama,” katanya, Jumat (14/5/2021).

Selain itu, lanjut dia, vaksin Sinovac disebut ampuh mencegah perawatan di rumah sakit sebesar 96 persen. “Mendapatkan hasil tersebut dari penelitian terhadap 120 tenaga kesehatan di Indonesia,” ujar dia.

Seperti diketahui, kajian cepat itu dilakukan pada periode 13 Januari – 18 Maret 2021 dengan fokus tenaga kesehatan di wilayah DKI Jakarta. Kajian itu menggunakan desain Kohort Retrospektif, yakni menelusuri riwayat setiap individu yang dilibatkan dalam penelitian.

Penelitian ini berfokus pada kelompok tenaga kesehatan baik yang belum divaksinasi maupun yang sudah di vaksinasi, baik dosis pertama maupun yang sudah vaksinasi lengkap sebanyak dua dosis.

Kajian cepat pada masa itu melibatkan lebih dari 128 ribu orang dengan usia di atas 18 tahun dan rata-rata dari partisipan yang diikutkan 60 persen perempuan dengan rata-rata usia di kisaran 30 tahun. (KMP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close