Humaniora

Sekretaris Disdikbud Kota Buka Diklat Program PKP Zonasi SMP Tahap II

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si, membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, jenjang SMP tahap II, ditiga Pusat Belajar (PB), Sabtu (16/11/2019).

Pada pembukaan diklat, Sekretaris yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Supriatin, M.Pd, melakukan secara berganti. Dimulai dari SMPN 14, SMPN 7, dan SMPN 16. Diklat tersebut merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Sekretaris membuka diklat PKP Zonasi, di SMPN 7.

Dihadapan peserta Sekretaris mengatakan, diklat dilakukan guna meningkatkan kompetensi pembelajaran, serta mempercepat pembangunan pendidikan yang merata dan berkualitas, khususnya di Bandar Lampung. Selama diklat, menurut dia peserta dibimbing oleh guru inti (GI) yang sebelumnya telah dilatih Kemdikbud.

Pada pembelajaran, menurutnya peserta diklat akan mengikuti proses seusai arah kebijakan Kemdikbud, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). “Hal tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan peserta didik,” ujarnya.

Sekretaris membuka diklat PKP Zonasi, di SMPN 16.

Guna memperoleh hasil maksimal, ia meminta kepada peserta diklat untuk menyimak materi yang disampaikan oleh nara sumber, mulai awal hingga akhir pertemuan. “Saya meminta kepada peserta diklat untuk selalu mengikuti. Bila ada keperluan pribadi, tolong dialihkan pada hari lain,” kata dia.

Dia berharap, hasil dari mengikuti diklat berdampak baik serta menghasilkan guru yang profesional dalam mendidik, menilai, dan mengevaluasi siswa. “Peserta yang telah mengikuti diklat, tentu harus berdampak. Dampak yang diharapkan adalah mutu pendidikan di kota ini semakin meningkat,” katanya.

Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M dan Kasi Promosi dan Seni Budaya Endrawati, S.Pd., M.M, berfoto bersama peserta diklat PKP Zonasi, di SMPN 14.

Seperti diketahui, pelaksanaan diklat jenjang SMP tahap II dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Pertemuan hanya dilakukan pada Sabtu, selama lima pekan ke depan atau dimulai pada 16 November hingga 14 Desember mendatang. Peserta diklat berjumlah ratusan, itu dibimbing oleh pengajar profesional.

Diklat yang dilaksanakan di SMPN 14, itu diikuti guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Di SMPN 7, Seni dan Budaya. Dan di SMPN 16, Bimbingan dan Konseling serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Peserta diklat adalah guru dari disejumlah SMP negeri dan swasta di Bandar Lampung.

Sekretaris Disdikbud meninjau pelaksanaan diklat PKP Zonasi jenjang TK, di TK IT Qurrota Ayun.

Usai membuka diklat jenjang SMP ditiga PB, Sekretaris beserta rombongan meninjau pelaksanaan diklat jenjang TK, di TK IT Qurrota Ayun, di Jalan Sutan Jamil, Kelurahan Gedung Meneng, Bandar Lampung. Di sana, Sekretaris meninjau satu persatu kelas tempat dilaksanakan diklat. (YUS)

Ratusan peserta diklat PKP di SMPN 14, saat mendengarkan arahan dari Sekretaris Disdikbud Eka Afriana, S.Pd., M.Si.
Peserta diklat di SMPN 7, saat mengikuti diklat PKP Berbasis Zonasi, di salah satu ruang sekolah setempat.
Peserta diklat PKP Zonasi di SMPN 16, saat menyimak paparan dari Sekretaris Disdikbud Eka Afriana, S.Pd., M.Si.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close