Nasional & Internasional

Serikat Guru Minta Calon Kepala Daerah Perhatikan Mutu Pendidikan


SMARTNEWS.ID – Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo, meminta calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) ini, dapat memperhatikan mutu pendidikan.

Menurutnya, kepedulian pimpinan daerah di tingkat kabupaten dan kota ikut menentukan mutu pendidikan di suatu daerah. “Terlebih pemerintah bertanggunjawab atas tata kelola penyelenggaraan SD dan SMP,” katanya dilansir dari Antara, Kamis (29/10/2020).

Heru menyambut positif jika ada calon kepala daerah yang mengusung kemajuan pendidikan dalam visi dan misinya. Pengamatan Heru, birokrasi pendidikan yang ada di daerah justru lebih berfungsi sebagai penghambat kemajuan pendidikan.

“Hal itu arena banyak sekali regulasi yang tidak mendukung sepenuhnya pemberdayaan guru dan pembangunan infrastruktur pendidikan,” kata dia.

Menurut dia, setidaknya ada beberapa syarat agar upaya pembangunan mutu pendidikan dapat berjalan dengan baik. Pertama, SDM harus mempunyai orientasi membangun pendidikan. Kedua, memberikan perhatian terhadap anggaran terkait pendidikan di APBD.

“Neraca pendidikan daerah nasional saat ini rata-rata masih di bawah 10 persen. Kalau seperti itu kan terlihat sekali belum support. Padahal, dalam UUD, anggaran pendidikan itu minimal 20 persen. Sejauh ini baru DKI, Batam, kemudian Kaltim kalau tidak salah,” kata Heru. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close