Humaniora

Korwil II Disdikbud Sebut Operator Merupakan Jantung Sekolah

SMARTNEWS.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung melalui Forum Kelompok Kerja Operator Sekolah (FKKOS), sosialisasi aplikasi Dapodik 2020.

Sosialisasi dilakukan di SD Negeri 5 Buwi Waras, Jalan Yos Sudarso, Gang M Agus, No. 49, Kelurahan Bumiwaras, Rabu (4/3/2020), itu diikuti operator SD se-Kecamatan Bumi Waras.

Pada pembukaan sosialisasi dilakukan Kepala Disdikbud Kota Ir. Daniel Marsudi, diwakili Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Supriatin, M.Pd.

Dihadapan operator, Supriatin mengatakan operator sekolah memiliki tanggungjawab yang besar dalam melaksanakah amanah yang diberikan sekolah.

Bahkan menurutnya, operator sekolah dapat dikatakan bekerja 24 jam dalam sehari, bila pekejaan dibutuhkan. Untuk itu, dia meminta operator sekolah benar-benar diperhatikan.

“Mengapa saya katakan operator bisa bekerja 24 jam dalam sehari? Karena, bila pekerjaannya belum selesai di sekolah, maka akan dilanjutkan di rumahnya,” ujar dia.

Masih dikesempatan itu, dia juga menyampaikan sejumlah pesan dari Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si kepada operator sekolah yang mengikuti sosialisasi Dapodik.

Diantaranya, meminta seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sekolah disiplin dan tepat waktu dalam bekerja, serta menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

Sementara itu, Korwil II Disdikbud Kota Evan Toera, S.P., M.Si mengatakan, operator sekolah merupakan jantung sekolah. Dia meminta, operator sekolah jangan dipandang sebelah mata.

Tanpa operator, menurutnya urusan berkaitan penyimpanan data sekolah secara komputerisasi tidak dapat dilakukan, termasuk pendataan pendidikan yang diintegrasikan ke Dapodik.

“Peran operator sangat penting bagi sekolah. Kami juga meminta kepala sekolah dapat memenuhi kebutuhan operator, seperti membeli paket kuota data internetnya,” kata dia.

Hadir mengikuti sosialisasi, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Bumi Waras Azmawati, M.Pd, dan sejumkah kepala sekolah di Kecamatan Bumi Waras.

Diketahui, operator mengikuti sosialisasi Dapodik atas rilisnya aplikasi Dapodik 2020, Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Sosialisasi disampaikan operator Disdikbud, Suwanto. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close