Humaniora

MPUI-I Menyatukan Umat Islam Menuju Masyarakat Madani

Rektor IIB Darmajaya, Ir. Firmansyah Y. Alfian, M.B.A., M.Sc (di podium), menyampaikan ucapan terima kasih atas silaturahmi para ulama dan tokoh umat se-Lampung. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Ir. Firmansyah Y. Alfian, M.B.A., M.Sc, dilantik sebagai salah satu anggota Majelis Permusyawaratan Umat Islam Indonesia (MPUI-I) Provinsi Lampung, Sabtu (10/10/2020).

Pelantikan berlangsung di Aula Gedung Alfian Husin, IIB Darmajaya, juga menjadi kesempatan ajang silaturahmi bagi para ulama dan tokoh umat se-Lampung. Momen itu juga dilakukan pembacaan ikrar dari perwakilan MPUI-I.

Ketujuh orang sebagai perwakilan itu ialah Ustaz H. Firmansyah Y Alfian, Ustaz K.H. Suratno, Ustadz Sulaiman Ahmad, Ustaz Taufiq Hidayatullah, Ustaz H. Muhammad Sulton, dan Ustaz Alimurtado.

Rektor IIB Darmajaya Firmansyah Y Alfian mengatakan, kehadiran MPUI-I ialah untuk menyatukan semua umat Islam di Tanah Air khususnya di Lampung, untuk menuju masyarakat yang madani.

Menurutnya, MPUI-I bukanlah lembaga swadaya masyarakat, atau organisasi lainnya. Kendati bukan itu, namun MPUI-I akan turut serta dalam menyelesaikan berbagai persoalan agama dan kebangsaan.

“MPUI-I akan jadi wadah para ulama untuk mendiskusikan dan menyelesaikan segala persoalan di bangsa ini,” ujar dia seraya mengatakan kegiatan itu dihadiri lebih dari 100 peserta dan berbagai daerah.

Dia menyontohkan di perguruan tingginya. Darmajaya, menurut dia merupakan kampus umum. Tetapi dalam proses pembelajaran, mahasiwa mempelajari agama selama dua semester, di masjid Darmajaya.

“Untuk kuliah agama kami lakukan di masjid, bukan di kelas. Termasuk antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dipisah. Sementara yang beragama nonmuslim kami akan menghadirkan pemuka agama masing-masing,” katanya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close