Nasional & Internasional

Presiden Jokowi: Terima Kasih Guru

Presiden RI Joko Widodo saat memberikan sambutan di acara HUT ke-75 PGRI dan HGN 2020. Tangkapan layar.

SMARTNEWS.ID — Presiden RI Joko Widodo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua guru di pelosok Tanah Air. Berbagai keterbatasan di masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat para guru berjuang melangsungkan kegiatan belajar mengajar, baik secara online maupun harus menemui siswa di rumah-rumah.

“Saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-setingginya kepada seluruh guru di pelosok Tanah Air,” kata Jokowi dalam puncak peringatan HUT ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2020, seperti dikutip dari medcom.id, Sabtu (28/11/2020).

Presiden mengatakan, perubahan yang sangat drastis ini memang tidak mudah. Guru-guru dipaksa beradaptasi dengan cepat beralih mengunakan teknologi, mengubah metode belajar, bekerja sekuat tenaga agar anak-anak bisa tetap belajar dengan baik.

“Tapi, tantangan akibat pandemi tidak boleh menurunkan kualitas pembelajaran, keterbatasan harus diatasi dengan kreativitas, membuat siswa belajar dengan antusias dan memotivasi siswa menjadi pembelajar yang mandiri,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, tantangan pendidikan di era pandemi harus diatasi dengan sinergi dan kerja bersama. Ia menegaskan, pendidikan adalah tanggung jawab bersama dan tidak bisa hanya dilakukan guru. Peran orang tua sebagai pendidik utama di lingkungan keluarga sangat penting.

“Kasih sayang dan bimbingan orang tua sangat mendukung keberhasilan proses belajar anak. Oleh karena itu komunikasi antara orang tua dan guru harus ditingkatkan,” ujarnya yang juga mantan Wali Kota Solo itu.

Sementara di Kota Bandar Lampung, pengurus PGRI kota setempat mengikuti puncak peringatan HUT ke-75 PGRI dan HGN 2020 secara virtual dengan mengundang tiap pengurus tingkatan, di SMPN 16 Bandar Lampung.

Para pengurus PGRI kota setempat yang dipimpin ketuanya Yuni Herwanto, tampak seksama mengikuti sambutan HUT ke-75 PGRI dan HGN 2020 yang disampaikan mulai dari Ketua Umum Pengurus Besar PB PGRI Unifah Rosyidi hingga Presiden RI Joko Widodo. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close