Humaniora

SMKN 5 Semprot Disinfektan Dua Kali Sepekan

Cegah Penyebaran Covid-19

SMARTNEWS.ID – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air, termasuk Provinsi Lampung. Upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan termasuk pada satuan pendidikan.

Tidak terkecuali oleh SMKN 5 Kota Bandar Lampung. Sekolah beralamat di Jalan Pangeran Tirtayasa No. 88, Kecamatan Sukabumi, melakukan penyemprotan disdinfektan, guna mengantisipasi Covid-19.

“Tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan, telah ada SE (Surat Edaran) dari Mendikbud RI, serta hasil rapat bersama MKKS SMA/SMK/SLB se-Lampung,” ujar Kepala SMKN 5 Drs. Irman, Rabu (1/4/2020).

Upaya pencegahan yang dilakukan, menurut dia sekolah menyemprotkan cairan disinfektan terhadap benda mati, seperti benda-benda di ruang belajar dan praktik, laboratorium komputer, dan kantor.

“Cairan disinfektan ini disemprotkan ke meja dan kursi tempat siswa belajar, peralatan praktik dan komputer, serta gedung-gedung dan peralatan lain yang berada di lingkungan sekolah,” katanya.

Baca juga: Sebelum Masuk Kantor Pegawai Disdikbud Disemprot Disinfektan

Dia mengatakan, penyemprotan pada benda-benda tersebut, dilakukan dua kali dalam sepekan oleh petugas yang diamanahkan sekolah. “Penyemprotan rutin dilakukan. Kami menyemprot tiga hari sekali,” ujar dia.

Sementara pencegahan pada guru, menurut dia, sekolah telah menyiapkan sejumlah peralatan, seperti sabun untuk mencuci tangan, hand sanitizer, dan masker. “Masker digunakan apabila ada guru yang batuk atau bersin,” kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Drs. Sulpakar, M.M mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan pada SMA/SMK/SLB, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Covid-19 menurutnya dapat menyebar dengan cepat dan bereplikasi secara efektif dalam tubuh manusia, sehingga perlu dilakukan pencegahan, salahsatunya menyemprotkan disinfektan.

“Penyemprotan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dan penyakit menular lainnya,” ujar dia saat menyaksikan penyemprotan disinfektan di SMAN 9 Bandar Lampung, baru-baru ini. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close