Humaniora

Wali Kota Peringati HGN & HUT ke-74 PGRI Bersama PGRI Bandar Lampung

Penerima Beasiswa Biling Ucapkan Terimakasih Kepada Wali Kota

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — PGRI Kota Bandar Lampung, peringati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-74 PGRI, di GSG Karya Bakti Kwartir Cabang Pramuka, di Jalan Kepayang, Rajabasa, Bandar Lampung, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan yang diikuti ribuan anggota PGRI kota, turut dihadiri Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M, beserta istri yang juga Ketua TP PKK Dr. Eva Dwiana, M.Si, Kepala Disdikbud Kota Ir. Daniel Marsudi, serta forum komunikasi pimpinan daerah.

Ada hal cukup mengharukan pada kegiatan tersebut. Yakni, sejumlah perwakilan mahasiswa penerima beasiswa dari pemerintah kota, naik ke atas panggung menyampaikan untaian kata, karena telah diterima pada perguruan tinggi di Lampung.

Mereka adalah perwakilan mahasiswa dari Universitas Lampung, Institut Teknologi Sumatera, dan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Beasiswa itu diterima mereka melalui program bina lingkungan jalur prestasi dan keluarga kurang mampu.

Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M beserta istri Dr. Eva Dwiana, M.Si, dan kepala Disdikbud Kota Ir. Daniel Marsudi, saat hadiri HGN dan HUT ke-74 PGRI, di GSG Karya Bakti Kwartir Cabang Pramuka, Bandar Lampung.

Dalam untaian kata, perwakilan mahasiswa mengucapkan rasa syukur dan terimakasih tak terhingga kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung, khususnya Wali Kota Herman HN yang telah membantu masyarakat kota memeroleh pendidikan tinggi.

Menurutnya, program tersebut sangat membantu meringankan biaya pendidikan. Mereka berharap, program tersebut dapat berkelanjutan dan berjalan hingga di masa mendatang. “Kami ingin, hal ini dapat dirasakan juga oleh adik-adik kami ,” katanya.

Sementara Wali Kota Herman HN mengatakan, memberi beasiswa kepada masyarakat di Kota Bandar Lampung sudah menjadi tanggungjawab pemerintah, guna meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi peserta didik.

Menurutnya, beasiswa yang diberikan kepada masyarakat di Kota Tapis Berseri, ini mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan katanya, penerima beasiswa tersebut mampu menjadi lulusan terbaik di perguruan tinggi.

“Beasiswa itu bagian dari mencerdaskan anak-anak bangsa. Tidak hanya pada jenjang Sarjana atau S1 saja. Bila mereka berprestasi, kami juga telah siapkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada program Pascasarjana atau S2,” ujarnya.

Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M (kanan), saat mengukuhkan pengurus PGRI Tingkat Kota Bandar Lampung untuk masa bakti 2019 – 2024. Periode itu PGRI dinahkodai oleh Drs. Yuni Herwanto, M.Pd.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan penganugerahan kepada tokoh masyarakat peduli terhadap pendidikan atau penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI. Penghargaan  tingkat provinsi diberikan kepada Wali Kota Herman HN. Sedangkan tingkat kota, kepada Ketua TP PKK Eva Dwiana Herman HN.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus PGRI Tingkat Kota Bandar Lampung untuk masa bakti 2019 – 2024 oleh Wali Kota. Pada periode itu, PGRI kota dinahkodai oleh Drs. Yuni Herwanto, M.Pd, yang juga Kepala SMP Negeri 24 Bandar Lampung.

Sementara, Ketua PGRI Kota Yuni Herwanto dalam keterangannya mengatakan, kegiatan HUT ke-74 PGRI dan HGN merupakan momentum untuk mengajak kerjasama seluruh guru dalam membangun pendidikan berkualitas.

Ketua PGRI Kota Drs. Yuni Herwanto, M.Pd, saat memberi penghargaan Dwija Praja Nugraha kepada Ketua TP PKK sekaligus istri Wali Kota Dr. Eva Dwiana, M.Si. Penyerahan disaksikan Wali Kota dan Kepala Disdikbud Bandar Lampung.

Menurutnya, peran guru sangat dibutuhkan dalam mencerdaskan anak bangsa. “Melalui momentum ini, diharapakan guru mampu memberikan yang terbaik kepada siswa di kelas. Guru tidak dapat digantikan dengan teknologi,” ujar dia.

Kemudian Kepala Disdikbud Bandar Lampung Daniel Marsudi menambahkan, peringatan HUT ke-74 PGRI dan HGN momentum meningkatkan silaturahmi dan kekompakan antarguru se-Kota Bandar Lampung. “Tentu hal ini sangat baik dalam menjalin silaturahmi,” kata dia.

Seperti diketahui, hari lahir PGRI pada 25 November 1945. Sebagai penghormatan kepada guru, Pemerintah RI dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close